Nyaris Pingsan Menahan Sakit. Ini Caraku Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil

December 01, 2019

Cerita saat hamil memang tidak sama pada setiap ibu. Bahkan beda anak, beda pula cerita saat mengandungnya.

Itulah yang aku alami pada kehamilan kedua beberapa waktu yang lalu. Belum pernah mengalami sebelumnya, tapi saat hamil Baby Dzi aku mengalami sakit gigi yang rasa sakitnya tidak terkatakan hingga membuatku nyaris pingsan menahan sakit.

Setelah berjuang semalaman melawan gigi yang berdenyut nyeri, keesokan harinya aku pergi menemui bidan. Seperti yang aku duga, dia memang tidak memberikan obat penahan nyeri berbentuk apa pun karena beresiko terhadap janin. Satu-satunya obat yang dia rekomendasikan hanya paracetamol, karena katanya masih tergolong aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Aku kembali pulang dengan perasaan kecewa sambil menahan sakit yang masih saja mendera. Bukannya aku ga berterimakasih dengan saran bidan, tapi semalam aku udah makan paracetamol, tapi ga ada efeknya sama sekali. Aku juga sudah mencoba berkumur-kumur dengan air garam. Gigiku tetap saja berdenyut sakit yang tak tertahankan. Bener-bener pengen nangis sekuat-kuatnya saat itu.

Sambil menahan rasa sakit, aku browsing di internet mencari solusi atas gigiku yang sakit.

Dalam masa kehamilan, perubahan hormon pada ibu bayi memang bisa berdampak pada banyak hal, salah satunya sakit gigi. Di situs-situs dokter online itu pun obat yang disarankan hanya paracetamol.

Karena menahan sakit yang tak ada obatnya membuatku benar-benar putus asa. Pengen rasanya nekat mengonsumsi obat penahan rasa nyeri, tapi urung aku lakukan karena tidak mau efeknya berdampak buruk pada janin.

Saking putus asanya waktu itu, aku pun makan vitamin C dosis tinggi.

Ma syaa Allah.
Allahu akbar.

Sakit gigiku sembuh, Temaaan.
Alhamdulillah.

Ini aku ceritakan murni pengalaman, bukan endorse. Vitamin C dosis tinggi yang aku maksud adalah Ester C Holisticare.



Ester C Holisticare ini vitamin C dosis tinggi yang tidak asam sehingga aman untuk lambung.

Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai antioksidan melawan radikal bebas, dan juga membantu merawat kesehatan tulang rawan, tulang, dan gigi.

Selain vitamin C, Ester C Holisticare juga memiliki komposisi Kalsium yang pastinya sangat bermanfaat bagi tulang dan gigi.

Untuk pemenuhan vitamin C harian, cukup satu tablet saja sehari. Tapi waktu sakit gigi itu, aku konsumsi 3 kali sehari. Alhamdulillah, di hari ke tiga sakit gigiku sembuh.

Jadi, teman-teman yang mengalami sakit gigi saat hamil boleh dicoba, ya.

In syaa Allah ga ada resiko apa pun.


You Might Also Like

37 komentar

  1. Loh, ester C bisa mengatasi sakit gigi ya? Kebetulan nih suamiku pipinya bengkak sejak kemarin. AKu coba deh ya, Terima kasih sharingnya Kak

    ReplyDelete
  2. Ester C bisa diandalkan banget ya Mba.
    Shiaapp. Kudu stok d rumah niihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Mbak. Karena itu aku selalu stok di rumah

      Delete
  3. Wah infonya bermanfaat banget.. tetangga aku pernah cerita. Dia klo tiap hamil itu selalu bermasalah dgn gigi. Alhamdulillah udah sehat lagi yaaa mbaa. Sehat2 yaa.m

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Alhamdulillah. Sakit gigi waktu hamil ini emang banyak juga yang mengalami.

      Delete
  4. Sakit Gigi itu memang menyiksa banget. Dengar suara agak keras, rasanya makin berdenyut-denyut. Baru tau kalau bisa diatasi dengan ester C

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun taunya setelah nyoba langsung, Mbak. Alhamdulillah bisa sembuh.

      Delete
  5. Wah...dahsyat juga ya. Gak nyangkan minum vitamin C aja bisa begini.

    ReplyDelete
  6. Baru tahu aku kalau vitamin C bisa ngobatin sakit gigi, aduh kupdetnya aku. Makasih sharing-nya mbak. Berguna banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak. Alhamdulillah, semoga bermanfaat, ya.

      Delete
  7. memang mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi bisa membantu tubuh untuk memulihkan berbagai gangguan kesehatan ya mba. Good thing you find one as well

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Mbak. Allah masih sayang sama bumil. Hehe

      Delete
  8. Eh ini pernah kupraktekkan waktu badanku sakit semua loh, minum yang sejenis pegal linu malah jadinya ga enak, kebas gitu. Minum Ester C ini jadi ringan badan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuuh, emang terbukti ya, Mbak. Jadi makin yakin untuk selalu stok di rumah. Makasih sharingnya, Mbak.

      Delete
  9. Ya Allah mbaa. Sakit dalam koondisi gitu emang jadi serba salah ya mba. Tapi aku penasaran untuk nyoba Ester C ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga terkatakan, Mbaaak. Huhuhu. Alhamdulillah, ternyata obatnya mudah didapat.

      Delete
  10. Yuni baru tahu kalau vitamin C bisa menyembuhkan sakit gigi. Kalau tahu sejak dulu kan Yuni nggak perlu nangis-nangis nahan sakit kalau pas sakit gigi. Terima kasih infonya Mbak. Bisa dicoba dengan ester C kalau pas sakit gigi nanti. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai bentuk usaha aj sih mbak. Sebelum minum obat coba pake vitamin dulu. Kalo masih ga bekurang baru deh minum obat.

      Delete
  11. Beda orang beda efek obat ya mba.. kadang ada bumil yg kalao kena vit C dosis tinggi lambungnya gak kuat. Jd nyeri dan tambah mual. Tapi emang setiap bumil punya cerita yang unik ya. Semoga semua sehat dan selamat sa,pai lahiran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia kelebihan ester c ini, mbak. Ga asam di lambung jadi aman. Padahal aku sendiri ada riwayat gangguan asam lambung,lho. Tapi lambungku baik-baik aja setelah minum ester c ini.

      Delete
  12. Aku baru tahu lho mba. Ternyata hormon di saat hamil itu bisa ke sakit gigi ya jadinya. Ya ampun ngeri juga. Pasti sakit banget ya itu sampai mu pingsan gtu. Aku baru tahu juga bisa pakai vitamin c begini. Harusnya bidannya tahu ya kalau bisa pakai vitamin c juga buat reda nyerinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia, Bun. Bidan ga kasih tau mgkn krn vitamin C bukan obat, ya? Skrg aku kalo sakit gigi lagi, sebelum minum obat aku usaha pake vitamin c dulu.

      Delete
  13. Enggak hamil aja kak sakit gigi itu ga nyaman banget ya kak.. Apalagi pas hamil... Aku juga pakai ester c ini kak buat vitamin.. Jadi ga gampang sakit

    ReplyDelete
  14. Kalau sakit gigi rasanya smua skit ya trmsuk badan. Wah bru thu esteer c bs ngobati skit gigi. Thx infonya

    ReplyDelete
  15. Baru tahu kalau Ester C bisa mengobati sakit gigi. Ini bagus loh, sambil minum vitamin bisa juga sekalian jadi obat sakit gigi.

    ReplyDelete
  16. Duh, kebayang deh gimana sakitnya. Mana lagi hamil mah kita ngejaga banget untuk gak sembarangan ngasih obat. Alhamdulillah, sejak anak pertama lahir, hingga anak keempat, walopun sakit, apa pun itu, gak pernah minum obat. Palingan dengan cara mendekati. Upaya meningkatkan daya tahan tubuh biar cepet dan selalu sehat, misalnya vitamin C di atas

    ReplyDelete
  17. Denger cerita dari saudara memang kalau tiap kehamilan berbeda beda ya mbak ceritanya.
    Duhh sakit gigi itu rasanya, ahh ga mau ngerasain mbak. Ngilu, ga enak juga huhuuu

    ReplyDelete
  18. Gal Hamil pun klo sakit Gigi mnyiksa bngt,, cobaany y mba tapi alhamdulillah nih next klo Ada yg sakit kyk gini kusaranin minum ester C ampuh ternyata

    ReplyDelete
  19. Huhu aku menyusui dan sakit gigi ini
    Cocok ga ya kalau aku minum juga sekarang? Aku khawatir sama ASIku

    ReplyDelete
  20. Waduh sakit gigi saat enggak hamil saja rasanya sudah nano-nano apalagi pas hamil ya
    Dan perlu disimpan nih infonya siapa tahu saudara atau teman ada yang perlu, diminumi Ester C holisticare saja. Makasih ceritanya Mbak:)

    ReplyDelete
  21. Sakit gigi tuh emang mengganggu banget. Nggak bisa konsentrasi mau ngapain aja. Etapi aku baru tahu juga kalau Ester C bisa untuk sakit gigi. Info penting nih!

    ReplyDelete
  22. Ini bener banget mba.. aku sakit gigi pas punya bayi.. Masya Allah repotnya sampai suami ijin dari kantor..Ester C holisticare ibi ampuh yaa..

    ReplyDelete
  23. Kalau aku pernah mengonsumsi Ester C Holisticare ini sewaktu terserang flu. Nyamannya, meskipun ada rasa asam, tapi sama sekali nggak bikin asam lambungku naik. Padahal biasanya, obat-obatan menyembuhkan penyakit utama eh malah bikin perut serasa dikruwes-kruwes.

    ReplyDelete
  24. Oh wow! Aku baru tau klo Holisticare Ester C bisa ngurangin sakit gigi! Boleh dicoba nih mba next time klo ada sodara atau tetangga yang sakit gigi bakal aku rekom!

    Alhamdulillah aku sendiri jarang sakit gigit gigi, problemonya paling cm lobang halus di gigi yg langsung ditambal klo tetiba berasa nyes pas minum air es. Hehe.

    Tp beneran sih, kadang sakit gigi lebih sakit daripada sakit hati. Sakit hati masih bisa makan masih bisa ngomong. Sakit gigi, boro2! Bawaanya senggol bacok klo ada yg berisik haha

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.