Wajah Berminyak Bikin Ga Pede? Ini Pengalamanku Mengatasi Minyak Berlebih di Wajah




Aku sering kali merasa ga pede setiap kali diajak berfoto bersama oleh teman-teman. Penyebabnya apa lagi kalau bukan wajah berminyak.

Wajah berminyak bikin ga pede, karena setelah difoto wajah akan terlihat mengkilap kayak sepatu habis disemir. Hahaha.

Harga diriku pun pernah terbanting keras saat masih lajang dulu. Waktu itu lagi ngumpul di rumah teman, dalam rangka syukuran hari wisudanya. Hubunganku dengan keluarga teman itu memang udah dekat banget, malah ibunya pun aku panggil mama karena memang udah berasa kayak ibu sendiri. Jadi ketika lagi sibuk-sibuknya di dapur, tiba-tiba mama manggil.

"Mer, sini bentar, deh. Tolong dekatin wajah kamu ke sini," pinta mama dengan ekspresi serius.
"Untuk apa, Ma?" tanyaku heran.
"Mama mau tampung minyak di wajah kamu buat bikin gorengan," jawab mama dengan selownya.

Asyeeeemmmm.

Jawaban mama kontan membuat orang-orang seisi ruangan tertawa lebar. Aku cuma bisa pasang wajah cemberut sambil menyeka wajah pake tissue.

Kalau saja pelakunya bukan mama, udah kuajak gelut tuh orang.
Hahaha.

Tapi ada juga bagusnya aku diejek mama waktu itu, karena sejak itu aku menjadi lebih perhatian mengurus kulit wajah. Aku juga mulai rutin mencari informasi cara-cara mengatasi minyak berlebih di wajah.

Penyebab Kulit Wajah Berminyak


Sebelum mencari tahu tentang cara mengatasi wajah berminyak, terlebih dahulu aku mencari tahu tentang segala hal yang berhubungan dengan wajah berminyak ini.

Setelah membaca dari berbagai sumber, aku menarik kesimpulan bahwa wajah berminyak terjadi karena kelenjar sebaceous menghasilkan terlalu banyak minyak pada kulit. Hal ini dipicu oleh beberapa faktor, seperti ketidak-seimbangan hormon, pola makan yang tidak sehat, penggunaan kosmetik, peningkatan suhu, dan stress.

Silakan dibaca juga: Cara Sehat Menghilangkan Jerawat


Menyadari bahwa penyebab kulit wajah berminyak banyak karena faktor eksternal, maka kelebihan minyak pada wajah ini pun sebenarnya bisa dikurangi. Aku pun mencoba beberapa cara yang memungkinkan untuk mengurangi produksi minyak di kulit. Sempat mengalami trial and error, akhirnya aku pun mendapatkan cara yang pas untuk mengatasi masalah kulit wajah berminyak ini.


Inilah Pengalamanku Mengatasi Minyak Berlebih di Wajah


1. Mengurangi konsumsi makanan yang berminyak.

Salah satu faktor yang memicu kelenjar sebaceous memproduksi minyak berlebih di kulit adalah karena pola makan yang tidak sehat, yaitu mengonsumsi makanan yang berminyak.

Duh, kalau membicarakan makanan berminyak, apalah dayaku yang penggemar berat bakwan, pergedel, pastel, risoles, dan kawan-kawannya ini?

Tetapi demi kesehatan kita tetap harus berusaha, ya.

Nah, aku pun mengurangi mengonsumsi makanan-makanan yang berminyak ini. Bahkan untuk olahan lauk pun sebisa mungkin mengurangi minyak. Ikan yang biasanya begitu nikmat dengan digoreng, diolah dengan cara panggang, atau dijadikan sup.


2. Mengurangi penggunaan produk perawatan kulit.

Sekarang sangat banyak macam ragam produk perawatan kulit, baik berupa krim atau pun serum. Sayangnya tidak semua produk itu memiliki kandungan yang aman untuk kulit. Karena itulah, untuk merawat kelembaban kulit, aku tidak lagi menggunakan produk-produk skincare. Tetapi memilih dengan bahan-bahan alami seperti bengkoang, timun, dan lemon.

Silakan dibaca juga: Tips Memilih Skincare untuk Kulit Sensitif


3. Menghindari stress dengan melakukan aktifitas yang menyenangkan.

Stress adalah salah satu faktor pemicu produksi minyak di kulit meningkat. Untuk itu aku menghindari stress dengan melakukan aktifitas menyenangkan. Karena hobiku lumayan banyak, aku pun tidak kesulitan untuk mencari aktifitas yang membuat rileks hati dan pikiran. Terkadang aku menggambar, mewarnai, berkaraoke di rumah, dan menonton drama Korea. Sebisa mungkin aku menghindari media sosial, terutama berita-berita yang sifatnya negatif.

Silakan dibaca juga: 5 Cara Mengatasi Pwnyakit dengan Alami


4. Rutin membasuh wajah dengan air hangat.

Aktifitas membasuh wajah sangat bagus untuk membersihkan wajah dari debu yang menempel. Tapi membersihkan wajah dengan sabun hanya akan memberikan efek sesaat. Memang benar minyak di permukaan kulit berkurang, tetapi sisa-sisa sabun tertinggal di pori-pori, menyebabkan wajah jadi lebih mudah berjerawat.

Nah, cara yang terbaik adalah membasuh wajah dengan air hangat. Celupkan handuk bersih ke air hangat, kemudian lap ke wajah dengan cara ditekan-tekan dengan perlahan. Lakukan sekitar 10-15 menit setiap malam sebelum tidur. Hindari menggosokkan handuk ke wajah, karena beresiko membuat pori mengalami iritasi.



Share on Google Plus

About Meirida

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

43 komentar:

  1. wadaaaw... minyak di muka emang bikin ga pede,ya Mer
    tapi kalo mukanya berminyak katanya sih baby face loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo masih keliatan glowing sih ga papa Mbak, cocok deh dibilang baby face. Tapi kalo mengkilapnya udah mirip dengan wajan ya tengsin juga.

      Delete
  2. wajahku berminyak juga. wah aku baru tahu yg cuci muka pake air hangat. makasi tipsnya yaa

    ReplyDelete
  3. Waduh, kocak banget mamanya heuheu... Tipsnya bermanfaat nih untuk teman-teman yang memiliki jenis kulit berminyak juga...

    ReplyDelete
  4. Oh teryata membsuh wajah dengan air hangat ini membantu juga ya mba? Aku jarang sih tapi nice informasi nih buat aku mba :)

    ReplyDelete
  5. Nah, stress ini emang berpengaruh banget ya.
    KAlo aku kulitnya normal ke kering, berflek kadang kalo stress lagi dateng hiii.

    ReplyDelete
  6. Wah, aku suka gorengan...ternyata ngaruh ya...tapi ada yg bilang kulit berminyak biasanya awet muda lho...(menghibur diri) hihi..trmksh tipsnya..ntar dicoba..

    ReplyDelete
  7. Hindari stres.
    Noted.
    Kita kudu bahagianya mbak, dengan aktifitas2 yang kita lakukan. Biar ngga gampang stres dan kulit tetap bersinar

    ReplyDelete
  8. Wadaw, pas banyak orang dan digituin, ya jadi terjun banget. Balada muka berminyak. Mukaku normal, tapi kadang kaya mengkilat. Ini juga bikin gak pede. Makanya rajin2 cuci muka dan gak sembarangan pakai bedak dan krim

    ReplyDelete
  9. Tipsnya mantuull banget kaka.
    Ini sodaraku ada yg wajahnya berminyak juga.
    Mau aku share tipsnya

    ReplyDelete
  10. Saya juga pernah mengalaminya. Temen kantor yg komentar, "Itu wajah atau penggorengan sih, kok banyak minyaknya,"

    Jleb banget deh rasanya. Dan ya, cuci muka pakai sabun itu hanya menghilangkan minyak sesaat saja. Beberapa waktu kemudian ya muncul lagi itu minyak malah bareng sama jerawatnya. Haduuuh..

    ReplyDelete
  11. Wah ternyata terlalu banyak pakai skincare juga gak bagus dan sebaiknya pakia yang alami ya hehe. Tapi kdng suka males bikinnya atau berseinnya huahaha. Yg penting no stress dulu no 1 deh ya sama banyakin minum :D

    ReplyDelete
  12. Pantesan yaa wajahku berminyak banget. Masih suka makan yang berminyak, apalagi gorengan favoritku. Beneran harus mengurangi banget nih mulai sekarang, hiks.

    ReplyDelete
  13. Aku ini nomal kulite. Berminyak kalau seharian diluar ampun dah. Tapi kalau biasa saja aman.

    Coba basuh pake aer angett

    ReplyDelete
  14. Wah boleh-boleh nih tipsnya aku kasih ke anak gadisku. Kulitnya berminyak dan gampang jerawatan. Semoga bisa cocok juga tipsnya ini di dia.

    ReplyDelete
  15. Jenis mukanya mba Meri Sana ama suamiku,, berminyak Juga,, kadang saking gesmesnya suka kukasih saputangan handuk biar gk
    terlalu mencilat ternyata salah y justru membuat kulit wajah iritasi ... Klo aku malah sering kusuruh d kompres es Batu mba setiap pagi..

    ReplyDelete
  16. Saya masih susah nih menghindari gorengan, apalagi kalau ada cabe hijau buat ceplusannya, duh makin menggoda.

    Wah cuci muka pakai air hangat bisa membersihkan debu yang nempel ya, ok, besok akan saya coba

    ReplyDelete
  17. Berarti kebanyak gorengan bikin wajah berminyak tuh bukan mitos yak. Saya nih salah satunya. Wajahnya udah kayak gorengan, wkwkw

    ReplyDelete
  18. Apa yang kita makan ternyata berpengaruh ya terhadap kondisi kulit. Bisa jadi yang kita konsumsi itu memicu produk minyak berlebih pada kulit wajah.

    ReplyDelete
  19. Wajahku dulu berminyak banget mbk, alhamdulillah sekarang sudah nggak terlalu banyak. Sebelnya punya kulit berminyak itu kelihatan banget kumus kumusnya :(

    ReplyDelete
  20. Wajahku juga suka berminyak, tapi sekarang udah ga terlalu. Dan aku baru tau apa yang kita makan berpengaruh juga ya mba sama kondisi kulit

    ReplyDelete
  21. Aku banget ini masalah minyak di wajah, bahkan kadang terlihat udah kaya dibalurin dan selama ini memang perawatannya selalu "buat hasil cepat" misal langsung dibedakin atau kertas tisu muka khusus minyak

    Padahal harusnya dirawat begini biar berkurangnya signifikan dari dalam dan jangka panjang

    ReplyDelete
  22. Ohh makanan berminyak ngaruh bikin muka jadi berminyak ya. Waktu remaja sampai dewasa kulitku berminyak parah. Gak nyaman banget, dikit2 kudu ditepok2 mukanya pake tissu kertas. Setelah punya anak malah kulitku berminyak dan mengering

    ReplyDelete
  23. timun bengkoang dan lemonnya diapain itu ya mbak? aku pengen... soale minyakku pol banyak di wajah

    ReplyDelete
  24. Saya malah suka dengan kulit yang berminyak, karena jadi lembab. Sebab matahari sekarang teriknya ga ketulungan. Wajah berminyak justru bisa melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet yg tajam dr matahari.

    ReplyDelete
  25. Dulu wajah saya juga berminyak sekali mba, tapi sekarang sudah nggak. Lebih ke normal~ itu semua berkat informasi dari dokter yang bilang kalau makanan saya harus dijaga. Semenjak atur pola makanan, wajah jadi glowing tapi bukan minyakan hehe dan minum air yang banyaaaak (ini salah satu yang pengaruh juga rupanya, karena dulu saya termasuk pemalas untuk minum air mineral) :D

    By the way, terima kasih sharing bermanfaatnya mba :>

    ReplyDelete
  26. Wajah aku normal tapi oily di bagian T-Zone. which is bikin rentan jerawatan di area T-Zone. So far, aku coba untuk managing stress sih mba. Ini ampuh banget deh! Less stress, less drama.

    Soale klo lg stress, wlopun kitanya gak nyadar bahwa kita stress, produksi minyak di wajah ikutan naik. Klo soal makanan, Alhamdulillah no problemo. Kata dokmon, makan aja asal masih dalam batas sewajarnya. Jangan berlebihan. Soale godaan gorengan glitter glitter bahagia itu susah banget buat dijauhin. Hehe

    ReplyDelete
  27. Kulit berminyak ini masalahku waktu masih belum punya anak. Sejak hamil, melahirkan sampe skrg udh gak minyakan lagi, malahan jadi cenderung kering wkwkwk... tp thx tipsnya mbak, bisa diinfokan ke adikku

    ReplyDelete
  28. Mama nya kakak emag pandai lawak juga. Tapi emg iya sih minyak di muka itu memang bikin ga pede

    ReplyDelete
  29. Yang tips air hangatnya boleh juga dicoba ini. Soalnya jarang banget pake air hangat untuk muka. makasih tipsnya ya.

    ReplyDelete
  30. Wajahku juga minyakan kak, apalagi suka gorengan. Duuuh makin makin deh. Sampai aku suka lap pakai oil control itu, masiih aja .

    ReplyDelete
  31. Makasih sharing ilmunya ya, mbak. Aku jadi tau tentang kulit berminyak. Mau nyoba juga pakai timun, bengkoang, lemon. Bakal dicoba nih yg alami2 gni

    ReplyDelete
  32. Mantap, ini dia yang jadi problematika aku juga, kulit berminyak! Terimakasiih ulasannya mbak Mer, langsung aku praktekin nih.

    ReplyDelete
  33. aku suka sih kalau kulit ku berminyak, kalau over tinggal di blot aja, karena minyaknya masih alami untuk menjaga barrier alami kulit lagian ga semua kita cocok dgn olahan skincare alami rumahan.

    ReplyDelete
  34. Jenis kulitku ini termasuk dalam golongan kulit berminyak. Sduah tahu harus mengurangi makanan berminyak tapi hiks kok rasanya masih berat bener.

    ReplyDelete
  35. Makasih banget mbak udah sharing, pas banget wajahku berminyak. Apalagi masih remaja gini, biasanya jadi jerawat hiks.

    ReplyDelete
  36. Pernah dengar kalau kebanyakan cuci muka malahan bisa bikin muka makin kering. Itu nggak baik juga katanya ya, Mbak. Tapi kalau cuci muka pakai air hangat, aku baru sekarang tahu nih kalau ternyata itu bagus untuk kulit muka berminyak. Makasih mbak informasinya. :)

    ReplyDelete
  37. Uwow, sama mbak, minyak diwajah membuat muka ku glowing dari jauh, tapi dari jauh aja sih. Kalau dari dekat ehehehehee minyak nya duuuuuuhhhh.... 🤭🤭🤭

    ReplyDelete
  38. Lah tipe kulit wajah kita beda banget mba, kulitku kering malah butuh yang minyakan. Intinya sih banyak googling yaak biar tau ngatasin masalah kulit yang kita alami. Cayoo

    ReplyDelete
  39. Wajah berminyak bahkan katanya bikin awet muda karna ga mudah kering. Hehe. Tapi ngeselin juga kalo udah makan enak yang ga sehat, muncul jerawat tanpa permisi. Tipsnya cocok inii.

    ReplyDelete
  40. Oh iya... mumpung lagi bahas tentang kulit wajah ni. Mau nanya, aku kan suka pakai jeruk nipis tu buat wajah. Kira-kira bagus gak ya kalau sering-sering pakai jeruk nipis buat bersihin kulit wajah? Soalnya efek kulit jeruk nipis ini dapet banget.

    ReplyDelete
  41. muka ku juga tipikal berminyak ni kak.. glowing kali dia kengkadang

    ReplyDelete
  42. hehehe, gorengan ini lho gimana ya. enak pula ngemil2 pastel isi bihun hihi.
    Tapi mestilah dicoba untuk mengurangi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.