UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

May 09, 2020

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University. Itulah bunyi headline artikel yang wara-wiri di mesin penelusuran ketika aku mengetikkan kata UNTAN. Saat itu aku sedang mencari referensi kampus untuk anak sahabat yang akan menempuh jenjang universitas tidak lama lagi. Ingatanku pun kembali melayang ke belasan tahun silam. Ketika seusia itu aku harus berjibaku dengan debu jalanan mengunjungi kampus demi kampus, hanya untuk mencari informasi tentang universitas idaman. Beda jauh dengan keadaan zaman sekarang. Di era digital ini,  calon mahasiswa tidak perlu menguras energi untuk mendapatkan informasi, cukup menggunakan komputer atau smartphone, maka informasi tentang universitas favorit pun berada dalam genggaman.

Kampus untan
Kampus UNTAN yang luas dan modern
Foto: seomoms


Sekilas Tentang UNTAN


UNTAN atau Universitas Tanjungpura merupakan sebuah universitas yang keberadaannya sangat dibanggakan oleh propinsi Kalimantan Barat, khususnya untuk kota Pontianak. Sejak didirikan pada tanggal 20 Mei 1959, UNTAN sudah menjelma menjadi universitas yang layak diperhitungkan. Perkembangannya begitu maju dan pesat. Tidak heran kalau UNTAN pun menjadi begitu populer di kalangan calon mahasiswa akhir-akhir ini.

Di awal-awal pendiriannya, UNTAN menggunakan nama Universitas Daya Nasional sebagai perguruan tinggi swasta yang dikelola oleh Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional, kemudian menjadi Universitas Negeri Pontianak lewat PTIP No. 53 Tahun 1963. Dalam perkembangannya berubah lagi menjadi Universitas Tanjungpura, dan kini lebih dikenal dengan sebutan UNTAN.

UNTAN terletak di lokasi yang sangat strategis, berada di tengah-tengah kota Pontianak, dengan 9 fakultasnya siap menampung mahasiswa yang ingin merajut mimpi dan cita-citanya di kampus ini. Di Indonesia, UNTAN memang sudah mendapatkan kepercayaan sebagai salah satu universitas terbaik, bahkan julukan universitas terluas di Indonesia pun sudah disematkan pada universitas yang memiliki ciri khas bundaran ini.

Bundaran UNTAN, ikon kota Pontianak
Foto: seomoms


Menanggapi kepercayaan yang masyarakat berikan, UNTAN pun tidak berpuas diri. UNTAN terus melakukan penyesuaian dengan perkembangan zaman yang teknologinya semakin canggih. Untuk itulah UNTAN pun menyelaraskan diri dengan meluncurkan slogan dan program baru yaitu UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University. Hal ini bertujuan agar kemampuan dan skill mahasiswa UNTAN lebih maju, lebih modern, sehingga mampu bersinergi dalam membangun dunia pendidikan yang berbasis teknologi.



UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University



Sebagai aksi nyata atas slogan mereka yang baru, UNTAN memfasilitasi para mahasiswa dalam bidang e-sport, dengan mengadakan PUBG Mobile UNTAN Championship 2020 yang diselenggarakan pada bulan Februari 2020 oleh UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hal ini tentu saja disambut antusias oleh para mahasiwa. Ekosistem digital yang digaungkan UNTAN memang terbukti, bukan hanya sebatas slogan di atas kertas.

Aksi nyata UNTAN lainnya adalah dengan hadirnya program studi berbasis digital seperti:


  • Pemograman 
Program studi ini memberikan pengetahuan mengenai seluk beluk pemograman, seperti bahasa pemograman, keterampilan dalam perancangan dan pembuatan aplikasi. Dengan adanya program studi ini UNTAN berharap mahasiswa mampu bersaing dalam inovasi yang berbasis desktop dan web.

  • Komputasi
Program studi ini memberikan keterampilan penyusunan model matematika, dan teknik penyelesaian numerik, serta penggunaan komputer untuk menganalisa dan memecahkan masalah keilmuan.

  • Multimedia
Program studi ini memberikan keterampilan menggunakan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara dan gambar.

  • Sistem Informasi Geografis
Program studi ini memberikan keterampilan dalam mendesain data-data spasial untuk menyatakan berbagai informasi berkaitan dengan lokasi, informasi kartografi dan teknologi.

  • Jaringan komputer
Program studi ini memberikan pengetahuan mengenai macam topologi, media dan infrastruktur jaringan komputer dan keterampilan dalam perancangan, pemanfaatan dan penggunaan struktur jaringan.


Dengan adanya empat pilar program studi berbasis digital ini, UNTAN berhasil membangun ekosistem digital, dengan begitu visi UNTAN untuk menjadi cyber university pun terwujud.


Penerapan System E-Learning


Setelah menyediakan program studi berbasis digital, langkah selanjutkan UNTAN pun mulai menerapkan system e-learning, yang mulai disosialisasikan pada Mei 2019 lalu. E-Learning merupakan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa generasi digital dengan cara Constructivistic E-Learning dengan mekanisme tertentu.

Berikut mekanisme system e-learning di UNTAN:
  1. Mahasiswa masuk ke portal e-learning dengan menggunakan NIK dan password Siakad UNTAN.
  2. Verifikasi data. Sistem akan mengecek data email serta mata kuliah yang diambil sesuai dengan Siakad UNTAN.
  3. Aktifkan mata kuliah. Dosen akan menentukan mata kuliah yang akan diaktifkan di e-learning UNTAN.
  4. Mulai belajar.



Melihat mekanisme e-learning yang disediakan oleh UNTAN ini, aku kok jadi merasa pengen kuliah lagi, ya? Hahaha. Tapi mekanisme e-learning UNTAN ini benar-benar sebuah inovasi yang membuat mahasiswa jadi semakin semangat dalam belajar. 

Selain sistem perkuliahan yang berbasis digital, UNTAN juga memiliki daya tarik lain yang membuatnya sangat layak untuk dipertimbangkan sebagai salah satu universitas terbaik.

1. Akreditasi semakin baik

Secara akademik dan kelembagaan, program studi di UNTAN sudah terdaftar secara resmi di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan juga sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Program-program studi di UNTAN sudah didominasi oleh Akreditasi B, bahkan beberapa di antaranya juga telah terakreditasi A. Ke depannya, dengan visi dan misi yang sangat jelas, akreditasi di UNTAN akan mencapai nilai sempurna.

2. Lokasi strategis

UNTAN berada di lokasi yang sangat strategis, tepat di jantung Kota Pontianak. Jaraknya hanyal 5 menit dari Ayani Mega Mall yang dikenal sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Kota Pontianak dan juga di Kalimantan Barat. Selain itu akses ke Bandara Internasional Supadio pun bisa ditempuh dengan waktu sekitar dua puluh menit saja.

3. Lingkungan kampus yang asri

Penataan lingkungan kampus UNTAN yang luas sangat memperhatikan unsur keseimbangan. Itu sebabnya, hawa panas dan polusi udara yang identik dengan perkotaan sama sekali tidak terasa di sini. Justru hawa sejuk dan limpahan oksigen yang sangat menyegarkan terasa melimpah membuat lingkungan kampus pun menjadi nyaman untuk belajar.

4. Fasilitas olahraga yang beda dan unik

Pernah melihat lapangan futsal dan basket di kampus? Pastinya sudah sangat biasa, ya. Tetapi kalau fasilitas skateboard dan sepeda BMX mungkin hanya di UNTAN bisa ditemukan. Di kampus ini terdapat arena skateboard dan Sepeda BMX yang dibangun di dalam Taman Digulis. Arena ini memang sengaja dibangun untuk memfasilitas para mahasiswa yang gemar melakukan aktifitas fisik, khususnya bermain skateboard dan Sepeda BMX. Selain itu, di area Taman Digulis juga terdapat jogging track yang mengelilingi arena skateboard dan Sepeda BMX. 

Kegiatan menyehatkan bagi mahasiswa ini bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan biaya. Bahkan para mahasiswa bisa jogging bahkan tanpa mengenakan alas kaki. Sehat dan hemat, bukan? 

Di belakang kantin, tersedia lapangan tenis yang cukup luas. Tidak cukup sampai di sana, kampus ini juga mempunyai sarana driving range untuk melatih pukulan dalam olahraga golf. Fasilitas olahraga seperti ini jarang sekali ditemui di kampus-kampus lain. Fasilitas olahraga yang terbilang lengkap, beda, dan cukup unik ini, tentu saja diharapkan berguna untuk menunjang kesehatan para mahasiswa.

5. Penduduk sekitar kampus yang sangat ramah

Pontianak terkenal sebagai kota dengan penduduknya yang beragam. Meski begitu, di Pontianak ini penduduk asli dan pendatang hidup berdampingan dalam keberagaman dan kedamaian. Suasana yang kondusif ini pastinya akan sangat mendukung proses perkuliahan karena mahasiswa bisa belajar dengan nyaman. 

So, buat para calon mahasiswa yang sekarang masih duduk di bangku sekolah atas, ayo ... semakin giat belajar, ya. Agar kalian merasakan enaknya menuntut ilmu di universitas berbasis digital ini. Aku yakin, kaum milenial seperti kalian pasti akan sangat betah belajar nantinya. Dengan semua fasilitas modern yang dimilikinya, tidak ada lagi hal yang bisa kamu ragukan dalam menuntut ilmu kelak, karena UNTAN telah menjadi universitas terbaik dengan komitmen utamanya yaitu UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University.













You Might Also Like

1 komentar

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.

Newsletter