Waspada, Segera Temui Dokter Jika Bayi 18 Bulan Belum Bisa Melakukan Ini

April 24, 2020


perkembangan bayi



Pada usia 18 bulan, bayi akan menunjukkan perkembangan yang pesat. Mulai dari kemampuan motorik, sosial emosi, kognitif, dan komunikasinya. Jika diamati dengan detail, ibu pasti bisa merasakan dan melihat sendiri perkembangan bayinya.

Namun, ibu harus tetap waspada. Segeralah temui dokter jika bayi usia 18 bulan menunjukkan tanda-tanda mengalami keterlambatan perkembangan seperti berikut ini.


Tidak bisa berjalan

Rata-rata bayi mulai bisa berjalan di usia sebelum 18 bulan. Bahkan ada yang bisa berjalan pada usia 9 bulan.  Jika pada usia 18 bulan bayi masih belum bisa berjalan, ibu harus segera bawa bayi menemui dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.


Tidak menunjukkan sesuatu kepada orang lain

Pada usia 18 bulan bayi sudah bisa menunjukkan sesuatu hal kepada orang di sekitarnya. Biasanya bayi akan menarik orang untuk mengikutinya, atau jika benda itu ringan dia akan angkat dan tunjukkan langsung kepada orang di dekatnya.

Jangan ditunda, Moms. Segera bawa bayi ke dokter jika dia tidak bisa melakukan hal ini.


Tidak tahu dengan benda-benda yang sehari-hari berada di sekitarnya

Meskipun belum bisa bicara dengan jelas, tetapi bayi sudah bisa mengenali benda-benda yang akrab dengannya. Seperti meja, kursi, telepon, boneka, sendok, dan lain-lain. Dia akan menunjuk benda yang dimaksud saat diberi pertanyaan. 
Konsultasikan dengan dokter jika bayi menunjukkan gejala tidak mengenali benda-benda di sekitarnya.


Tidak bisa meniru gerakan sederhana

Gerakan sederhana seperti tepuk tangan, bersalaman, duduk, dan tutup muka normalnya sudah bisa dilakukan oleh bayi usia 18 bulan.

Cobalah lakukan beberapa gerakan sederhana tersebut, jika bayi tidak bisa mengikutinya, maka ada kemungkinan bayi mengalami keterlambatan perkembangan. Segera temui dokter ya, Moms. Agar dokter bisa melakukan pemeriksaan.


Tidak ada peningkatan atau penambahan kosakata baru

Pada usia 18 bulan, terjadi 'ledakan bahasa' pada bayi. Normalnya ibu akan sering kaget ketika mendapati bayi tiba-tiba bisa berkata sesuatu yang belum diajarkan. Setiap harinya akan ada penambahan perbendaharaan kata pada bayi.

Jika bayi tidak menunjukkan hal ini, ada kemungkinan perkembangan komunikasi bayi terganggu. Butuh stimulasi khusus untuk membantu perkembangannya. Segera temui dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.


Tidak bereaksi ketika orangtua atau pengasuhnya pergi dan kembali

Normalnya bayi sangat sensitif dengan orang-orang yang ia kenal, terutama ibu atau pengasuhnya. Biasanya dia akan menangis ketika tahu ibu atau pengasuhnya pergi.

Jika bayi tidak menunjukkan reaksi apa pun ketika ditinggalkan, sebaiknya orangtua konsultasikan dengan dokter segera. Bisa jadi bayi perkembangan emosi bayi mengalami keterlambatan.


Kehilangan kemampuan yang bayi bisa lakukan sebelumnya

Pada usia 18 bulan bayi sudah bisa melakukan banyak hal seperti berjalan, mengucapkan beberapa kata, bermain dengan boneka, dan banyak lagi.

Namun seiring waktu berjalan bayi menunjukkan kemunduran dengan hilangnya beberapa kemampuan yang ia miliki.

Jangan biarkan berlarut ya, Moms. Segera bawa bayi ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Pencegahan selalu lebih baik dari pada pengobatan. Namun penanganan yang tepat bisa mencegah resiko yang fatal. Untuk itu segeralah bertindak cepat saat bayi menunjukkan gejala keterlambatan perkembangan seperti di atas. Konsultasikan dengan dokter, agar dokter bisa melakukan pemeriksaan menyeluruh dan melakukan penanganan lebih lanjut.


You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.

Newsletter