Cara Alami Mengatasi Sembelit pada Bayi



Cara alami mengatasi sembelit pada bayi memang susah-susah gampang. Dikatakan susah, karena tidak bisa diterapkan pada bayi yang belum MPASI. Dikatakan gampang karena memang caranya mudah, hanya butuh usaha dari si ibu.

Sembelit tidak bisa dianggap enteng, karena berhubungan dengan percernaan bayi. Sembelit merupakan indikasi bahwa tubuh bayi sedang mengalami kekurangan serat dan juga dehidrasi.

Waspadailah jika bayi menampakkan gejala sembelit seperti berikut ini:
1. Bayi tidak BAB lebih dari 3 hari.
2. Feses keras membentuk bulatan-bulatan kecil.
3. Bayi terlihat mengejan kuat saat BAB.
4. Bayi menangis saat BAB.
5. Bayi menolak disusui atau diberi makan.

Untuk anak-anak dan dewasa memang banyak dijual obat-obat untuk mengatasi sembelit. Tetapi tentu saja obat-obatan itu tidak bisa diberikan untuk bayi.

Sebisa mungkin, bayi tidak mengonsumsi obat-obatan dulu sebelum berusia satu tahun. Oleh karena itu, cara alami tentu saja lebih dianjurkan.

Berikut cara alami mengatasi sembelit pada bayi ala Meripedia.

1. Beri setengah porsi (kurang lebih 50 gr) pepaya, 30 menit sebelum bayi makan pagi. Jika sembelitnya sudah lebih dari 4 hari, berikan setengah porsi lagi saat sore hari.

2. Beri air putih teratur, kurang lebih 1 sdm setiap 15 menit di saat bayi bangun.

3. Jika bayi mengonsumsi susu formula, pastikan susunya tidak terlalu kental. 

4. Jika bayi mengonsumsi ASI, pastikan ibu mengonsumsi makanan yang cukup serat.

Semoga bermanfaat, ya.
Sampai jumpa di artikel berikutnya.





32 comments:

  1. Sedih kalau dede bayi sembelit tuh. Tapi kalau bayi ASI setahuku jarang sembelit yah. Kalau sudah mulai MPASI mulai deh ditambahkan jus buah atau sayur dalam menunya.
    Makasih sharingnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalo masih ASI eksklusif memang jarang sembelit. Bayi yang sudah MPASI ini yang bisa mengalami sembelit jika asupannya kurang serat.

      Delete
  2. Iya, sembelit pada bayi susah mengatasinya. Mana bayi belum bisa ngomong pula. Makasih mbak tipsnya, mudah diterapkan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Alhamdulillah, semoga bermanfaat, ya.

      Delete
  3. Terimakasih mbak bisa dishare lagi ke yang membutuhkan, juga buat aku kelak Allah ijinkan punya lagi amanah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak. Aamin, semoga Allah ijabah doa-doa mbak, ya

      Delete
  4. Wah makasih tipsnya Mbak, memang betul pepaya itu efeknya cepet banget buat mengatasi sembelit, nggak hanya buat anak saja, Saya pun kalau lagi sembelit langsung makan pepaya hehe. Kalo anak Saya selama ini sih jarang sembelit, mungkin karena hampir tiap hari makan sayur dan buah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak kalau udha rutin makan buah dan sayur in syaa Allah ga bakalan mengalami sembelit ya, mbak. Karena kebutuhan seratnya terpenuhi.

      Delete
  5. Setuju, Mbak kita coba pakai cara alami dulu untuk atasi sembelit pada bayi jangan pakai obat dulu.
    Kasihan kalau bayi lagi sembelit ya, kayaknya tersiksa bangets hiks.
    Makasih tipsnya Mbak

    ReplyDelete
  6. Wah alhamdulillah dapat ilmu baru. Makasih ya mbak. Saya termasuk yang lebih suka pake cara alami untuk ngatasi problem kesehatan pada anak.... kalo udah gak bisa baru deh ke dokter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, diupayain pake yang alami dlu ya.

      Delete
  7. Iya sih. Orang dewasa mah gampang obatnya. Artinya tuh banyak dijual-jual di apotik juga. Nah kalau bayi ini kadang masih banyak yang bingung. Hehehehe

    Anyway, terima kasih tipsnya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Kalo bayi taunya udah rewel aja, makanya kita jadi bingung, ya.

      Delete
  8. Dulu, Tips nomor 1 manjur ke anak saya, buah pepaya juga kurangi kekentalan sufornya. Thanks sudah berbagi mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, aku ga sendirian ngebuktiinnya. Makasih mbak.

      Delete
  9. Memang lebih aman dengan yang alami ya mba. Kalo anakku dulu pas masih ASI aja, akunya harus makan alpukat. Pas udah gedean, ganti harus buah naga atau sama pepaya juga. Alhamdulillah it works!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak. Sebisa mungkin kasih yang alami dulu.

      Delete
  10. Sulung saya dulu waktu kecil sering sembelit. Sampai sering rewel gitu kalau mau BAB.
    Mungkin waktu itu karena dia suka susunya dibuat kental ya. Setujuu..saya dulu juga memberikan pepaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, susu yang terlalu kental proses cernanya lebih lama, makanya ngaruh ke BAB anak jadi keras.

      Delete
  11. Jadi inget anak keduaku sering ngalamin sembelit. ya, salah satu yg sangat membantu adalah banyak minum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak. Air putih juga bisa mengatasi sembelit.

      Delete
  12. Terima kasih mbak, kebetulan saya punya bayi baru mulai mpasi. Kepake banget ini artikelnya.

    ReplyDelete
  13. bayiku nih pernah mbak sembeli sampai seminggu, katanya sih enggak apa-apa. Ya emaknya ini bingung laah, eh alhamdulillah karena enggak cocok susu aja sih setelah diganti BABnya jadi lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sampai seminggu mbak? Kalo aku pasti udah panik tingkat dewa tuh mbak.

      Delete
  14. Wah, pernah mengalami hal seperti ini. Sembelit pada bayi emang bikin khawatir. Dulu saya pakai pijat plus gerakan mengayuh sepeda pada si adek. Tipsnya yg disebutkan di sini bagus juga. Mantap :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku justru takut mijat bayi mbak. Takut salah urat. Hahaha. *Dasar ibu2 penakut*

      Delete
  15. Jadi ingat dulu sikecil, juga sering sembelit. Solusinya ya itu, dikasih minum air putih. Alhamdulillah, segera baikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, air putih juga bisa mengatasi sembelit ya

      Delete
  16. Aq suka kasihan kalau lihat bayi srmbelit, bisa menangis dia

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.

Cara Alami Mengatasi Sembelit pada Bayi

Cara alami mengatasi sembelit pada bayi memang susah-susah gampang. Dikatakan susah, karena tidak bisa diterapkan pada bayi yang belum ...