Manfaat Lari Pagi dan Tips Aman Melakukannya

October 22, 2020


Pagi hari merupakan waktu yang sangat dianjurkan untuk berolahraga. Udara yang masih bersih dan cuaca yang sejuk merupakan beberapa alasan mengapa olahraga di pagi hari itu menyehatkan bagi tubuh.

Namun kesibukan dan rutinitas sehari-hari membuat kebanyakan orang tidak memiliki waktu untuk berolahraga pagi.

Bahkan untuk emak-emak sepertiku pun sulit sekali rasanya untuk berolahraga pagi. Padahal kalau ditanya waktu bangun, sebelum subuh juga udah bangun, yaaa. Tapi selaluuuu aja ada alasan untuk tidak berolahraga. Huuft! *toyor kepala sendiri".

Sebenarnya, jika memiliki kemauan yang keras, cukup 30 menit saja kita bisa luangkan waktu untuk lari pagi.

Ya, lari pagi merupakan salah satu olahraga yang mudah dan murah banget untuk dilakukan. Ga perlu keluar duit banyak untuk beli alat-alat olahraga, kita sudah bisa berolahraga.


Manfaat Lari Pagi yang Harus Diketahui


Manfaat lari pagi


Manfaat lari pagi ini banyak sekali lo, gais. Jadi sayang sekali dilewatkan hanya karena alasan kesibukan kita. Berikut beberapa manfaat lari pagi yang harus kita ketahui:


1. Menyehatkan jantung

Di saat berlari, bukan hanya otot kaki yang berkerja dan meningkatkan fungsinya, tetapi juga memicu jantung untuk semakin aktif memompakan darah.

Hal ini secara tidak langsung juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Itu sebabnya, dengan rutin berolahraga pagi, maka jantung kitapun akan semakin sehat.


2. Mengatasi hipertensi

Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga berat yang memicu gerak jantung terlalu cepat.

Namun gerakan lari pagi yang santai sangat bermanfaat dalam melancarkan peredaran darah.

Jika konsisten dilakukan setiap hari, tekanan darah perlahan akan menjadi normal dan detak jantung pun menjadi lebih teratur.


3. Menyehatkan paru-paru

Polusi udara yang semakin hari semakin buruk tidak ayal mengancam kesehatan paru-paru kita. Agar paru-paru sehat, dibutuhkan asupan oksigen yang banyak.

Nah, pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk menghimpun oksigen sebanyak-banyaknya karena udara cenderung masih bersih dan segar. Cara paling tepatnya adalah dengan berlari pagi.

Saat berlari, frekuensi bernafas juga meningkat. Secara tidak langsung paru-paru pun mendapat asupan oksigen lebih banyak dari aktivitas normal.


4. Menyehatkan pernafasan

Paru-paru yang sehat, pastinya juga berimbas pada saluran pernafasan. Hal ini sangat bermanfaat bagi penderita asma, bronkitis, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan pernafasan.


5. Otot kuat dan sehat

Otot merupakan bagian tubuh yang kemampuannya semakin meningkat jika rutin dipacu dengan aktivitas tertentu. Dengan rutin lari pagi, massa otot kaki akan semakin padat, cadangan energi lebih banyak, sehingga otot menjadi lebih kuat.

Otot yang kuat membuat tubuh jadi fit dan sehat.


6. Metabolisme tubuh menjadi lancar

Saat lari pagi, tubuh kita bergerak aktif, sehingga metabolisme tubuh pun menjadi lancar. Hal ini membuat persendian tulang menjadi terlumasi dengan baik.

Tidak hanya itu, metabolisme yang lancar juga membuat pencernaan lancar, sehingga terhindar dari sembelit.


7. Mencegah reumatik

Aktivitas lari pagi sangat baik untuk tulang. Seperti halnya otot, kinerja tulang juga akan semakin meningkat seiring aktifnya kita melakukan pergerakan.

Selain udara bersih yang didapat, lari pagi juga bermanfaat untuk menutrisi tulang dengan vitamin D yang kita dapat dari sinar matahari pagi. Vitamin D membuat tulang semakin kokoh dan kuat.

Dengan tulang dan persendian yang sehat, otomatis kita jadi terhindar dari penyakit reumatik.


8. Membakar kalori

Aktivitas lari pagi juga bisa membakar kalori dengan baik. Jadi bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, selain mengatur pola makan, lari pagi juga bisa mengurangi lemak tubuh, lho.

Tubuh kita memiliki cadangan energi yang didapat dari makanan. Jika energi itu tidak digunakan, cadangan energi akan menumpuk menjadi lemak. Bagaimana cara mengurangi lemak tubuh? Cara paling aman dan baik adalah dengan memaksa tubuh untuk mengubah lemak tadi kembali menjadi energi. Nah, salah satu caranya adalah dengan olahraga lari pagi.

Tips Aman dan Nyaman saat Olahraga Lari Pagi


Meskipun aktivitas berlari ini sudah kita kuasai sejak bayi, namun untuk olahraga lari pagi tidak bisa kita lakukan dengan asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dan lakukan agar bisa berolahraga lari pagi dengan aman dan nyaman.


Tips lari pagi


Berikut tips olahraga lari pagi versi Meripedia:


1. Jangan lupa pemanasan atau peregangan otot.

Pemanasan atau peregangan otot ini wajib dilakukan sebelum olahraga lari pagi agar otot kaki tidak cedera. Lakukan pemanasan sekitar 5-10 menit.


2. Gunakan sepatu olahraga.

Agar bisa berlari dengan nyaman, pastikan kamu berolahraga lari pagi menggunakan sepatu yang khusus untuk olahraga. Hindari sepatu berbahan kulit yang kaku. Apalagi sepatu dengan hak tinggi. Big...big...no... ya, temaan.


3. Jangan makan atau minum kenyang sebelum lari.

Berlari dengan kondisi perut kenyang selain tidak baik bagi pencernaan, juga tidak nyaman banget, lho. Ntar di perut bakalan kedengaran suara air berguncang gitu. Setelah itu, perut bakal terasa sakit banget. Aku udah pernah mengalami, nih. Makanya tau banget betapa tidak nyamannya. Hahaha.


4. Cari lintasan lari yang datar dan tidak berbatu

Olahraga lari pagi ini konsepnya berlari dengan santai. Tidak memaksakan gerak otot, namun otot bergerak dengan konsisten. Tujuannya adalah agar pernafasan kita teratur, dan terhindar dari cedera otot.

Untuk itu pilihlah lintasan lari yang datar dan tidak berbatu-batu. Bisa di aspal, atau pun paving block.


5. Hindari jalan raya.

Tujuan kita berlari pagi adalah demi mendapatkan udara yang bersih dan segar. Nah, kalau kita lakukan di jalan raya, usaha kita jadinya sia-sia, dong. Asap kendaraan yang lalu lalang sudah pasti mencemari udara yang kita hirup.

Selain itu, berolahraga lari di jalan raya juga beresiko pada keselamatan kita. So, sebisa mungkin hindari jalan raya, ya.


6. Pakailah pakaian olahraga yang sopan dan nyaman.

Akhir-akhir ini sering terjadi tindak pelecehan terhadap orang-orang yang sedang olahraga pagi. Terutama pada kaum perempuan, nih. Memang sih yang namanya niat jahat itu ya tergantung orangnya. Tapi, sebisa mungkin kita tidak menarik perhatian mereka dengan pakaian yang terbuka.


7. Jangan pakai perhiasan

Selain pelecehan, tindak kejahatan berupa penjambretan dan perampokan juga beberapa kali menimpa orang-orang yang olahraga pagi. Sebisa mungkin jangan menggunakan perhiasan yang bisa mengundang pelaku kejahatan.


8. Pendinginan

Selesai berlari pagi? Jangan langsung duduk atau mandi ya, temaaan. Lakukan gerakan pendinginan beberapa menit agar otot-otot yang tadinya tegang bisa kendur kembali. Dengan gerakan pendinginan ini kita juga memberi kesempatan untuk pori-pori yang tadinya terbuka lebar karena produksi keringat mengecil kembali.

Setelah tubuh rileks, baru deh kita mandi. Setelah itu tubuh kamu bakal terasa segar dan bugar.

***

Demikian tips aman dan nyaman lari pagi versi Meripedia. Teman-teman ada yang mau menambahkan? Atau ingin berbagi cerita pengalamannya saat lari pagi. Feel free, yaaa. Silakan drop di kolom komentar.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Bye.




You Might Also Like

24 komentar

  1. Iya ya lari bagus untuk kesehatan, aku biasanya jalan kaki karena nggak kuat lari..harus rutin dan konsisten untuk manfaat lebih maksimal ya

    ReplyDelete
  2. Butuh perjuangan keras untuk bisa lari pagi, hahaha. Kalo abis ujan malam harinya, jadi malas lari pagi, soalnya jajanan nya jadi becek, maklum saya tinggal di pinggiran kota Depok, jadi masih kampung.

    Saya biasa lari pagi sebelum sarapan, biar tambah lapar hehehe...

    ReplyDelete
  3. Banyak sekali manfaatnya lari pagi ya mbak sayangnya saya tuh selalu tidak sempat, alasan tidak sempat padahal aslinya malas. Adaaa saja drama pagi yg bisa dijadikan alasan untuk lari pagi.
    Siapin sarapanlah, buru-buru mandilah karena mau ke kantor dsb.

    ReplyDelete
  4. Wahh perlu pemanasan dan pendinginan juga ya ternyata hehe. Bysanya cuma pemanasan bentar doang. Dan ternyata manfaat lari pagi sebanyak ituuuu..

    ReplyDelete
  5. Saya sempat rutin lari pagi dengan suami. Tapi setelah pandemi, rutinitas lari jadi terganggu. Sekarang saya memulai kebiasaan untuk jalan kaki keliling komplek dulu setia pagi, hehe.

    ReplyDelete
  6. Beruntunglah mereka yg tinggal di lingkungan asri yg nyaman untuk lari pagi. jadi, gak harus nyari taman kota buat lari pagi.

    ReplyDelete
  7. manfaat lari pagi ternyata lebih banyak dari yang aku tahu jadi menambah pengalaman, gara-gara corona jadi gak bisa ngegym, lebih aman lari pagi sih tapi aku susah bangun pagi jadinya lari sore dehh.. hehe

    ReplyDelete
  8. Manfaat lari pagi memang bagus ya...dan benar jika pakai pakaian yang sopan dan enggak usah pakai perhiasan agar tidak terjadi hala yang tak diinginkan. Juga tambahan jika bisa cari teman apalagi kalau waktunya kepagian...kuatir ada apa-apa di jalan

    ReplyDelete
  9. Sebelum berolahraga pagi,ada baiknya lakukan pemanasan dulu ya kak biar gak kram.
    Soalnya pernah waktu masih sekolah kurang maksimal ikutin arahan guru olahraga,ehh malah kram kaki deh.

    Emang menjaga kesehatan penting banget ya,salah satunya bisa dilakukan dengan berolahraga lari ini. Bisa sekalian ajak keluarga lari pagi pagi sambil hirup udara segar

    ReplyDelete
  10. kalau saya lari pagi dulu sering dilakukan, sekarang sukanya jalan pagi berdua ama suami. Gak lama2 sih, 30 menit trus pulang deh hehe...Insyaallah banyak manfaatnya ya bagi kesehatan tubuh kita

    ReplyDelete
  11. Di dekat rumah saya, sekarang hampir setiap hari warganya melakukan olah raga pagi. Pihak pengembang menyediakan jogging track untuk keperluan ini. Cuma saya jarang ikut lari pagi di sana karena lalu lintas mobil yang ramai. Saya pikir saat paru-paru mengembang begitu kan kurang baik kalau langsung menghisap gas yang dikeluarkan kendaraan-kendaraan itu ya..Jadi larinya di sekitar rumah saja :)

    ReplyDelete
  12. Kalau saya suka lari pagi di Taman Buah Mekarsari. Kalau hari Minggu pagi tiketnya cukup murah.

    Enaknya sambil lari, kita bisa menikmati pemandangan segar di sini.

    ReplyDelete
  13. Berolah raga memang selalu menyehatkan kalo dilakukan secara tepat ya mbak.
    Makasih tipsnya, bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  14. Lari pagi itu enak banget. Tapi jarang sih kalau sempat aja. Biasalah emak-emak pagi3 sibuk apa wkwkw. Seringnya sofe aja kalau mau olahraga

    ReplyDelete
  15. Aku tu yang susah ngumpulin niatnya. Padahal dah lama pengen olah raga. Tapi kok cuma sebatas wacana. Padahal teman saya yang lain sudah ikut event lari marathon di berbagai kota. Tapi ini sudah mulai sih, keliling lari-lari keling kompleks.

    ReplyDelete
  16. aku jarang lari pagi mbak. jalan jalan yang sering. hehe... tipsnya keren nih.jadi ingat kalau olahraga jarang pakai baju olahraga. pakai baju seadanya aja. hehe

    ReplyDelete
  17. Kalo olahraga sebenrnya aku rutin mba, tp biasanya workout yg LBH fokus utk bagian bdn tertentu.

    Cm sebelum pandemi, aku dulu LBH milih jogging ato lari pagi. Di taman Deket rumah. Abis subuh, trus jalan deh, 1 jam aja udh banjir keringet. Badan EMG LBH enakan. Tp sejak pandemi aku jrg kluar bisa dibilang.

    Naah tp skr ini Krn sdg nemenin suami tugas di luar kota, dan kebetulan stay di hotel, aku lgs deh tiap pagi lari pagi di sekitara hotel yg kebetulan ada jogging track nya. Happy bgt pas tau. Duuuh bdn lgs enaaak bgt kalo udh abis lari itu :D

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah banyak banget manfaatnya. Kalau lari pagi aku masih jarang melakukan. Kalau jalan pagi iya sering

    ReplyDelete
  19. Padahal lari pagi ini olahraga paling murah meriah bikin badan sehat dan bugar, tapi kenapa malah bingung cari alat olahraga yang lain yaa..?
    Heuheu~
    Aku juga yang termasuk ngos-ngosan banget kalo diajakin lari pagi sama anak-anak. Saking jarangnya.

    ReplyDelete
  20. sudah lama saya enggak olahraga nih mbak, dulu waktu gadis, memang salah satu olahraga favoritku lari pagi, tapi sekarangs etelah punya buntut susah banget ngatur waktunya hihihi kadang lari pagi cuma jadi piknik keluarga aja sih wkwkwk karena akhirnya cuma duduk duduk aja setelah jalan kaki.

    ReplyDelete
  21. Lari pagi ini olahraga murah meriah namun kaya akan manfaat.
    Sayangnya saya juga belum bisa rutin untuk melakukannya

    ReplyDelete
  22. amannya jam berapa ya kak untuk melakukan lari pagi ini supaya manfaatnya maksimal buat tubuh? setelah sholat subuh gitu ya baiknya pas lagi udara seger2nya?

    ReplyDelete
  23. Bermanfaat sekali infonya. Tapi sayang saya enggak bisa lari pagi model begitu sekarang. Yang ada ngajak dedek lihat suasana pagi sambil gendong gitu. Ya jalan tipis tipis beberapa puluh meter terus balik lagi ke rumah.

    ReplyDelete
  24. Yuni kadang-kadang larinya ke arah pantai. Nah, kadang nggak pake pemanasan. Tapi selalunya dimulai dengan jalan santai dulu sih yuni... Hehehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.

Newsletter