Menikmati Wisata Sehat di 10 Tempat Wisata Populer Malaysia

February 14, 2021

wisata sehat malaysia


Malaysia merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang juga memiliki iklim tropis seperti Indonesia. Itu sebabnya, kondisi alam di Malaysia tidak jauh berbeda dengan Indonesia yang terdiri dari pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, sungai, pantai, tanjung, selat, dan laut. Hal ini juga yang menyebabkan Malaysia memiliki keragaman hayati yang cukup tinggi. Terdapat 8000 spesies tumbuhan berbunga di Malaysia. Malaysia bagian timur bahkan menjadi habitat populasi burung terbesar di dunia. Penduduk Malaysia juga sangat beragam, terdiri dari beberapa etnis yang hidup berdampingan dalam keselarasan. Hal-hal inilah yang membuat para pelancong dari berbagai penjuru dunia tertarik untuk datang dan berwisata ke Malaysia.


Menikmati Wisata Sehat di 10 Tempat Wisata Populer di Malaysia

Sebelum membahas tentang wisata sehat, terlebih dahulu aku ingin mengajak teman-teman untuk mengintip 10 destinasi wisata paling populer di Malaysia. Tempat-tempat yang aku tuliskan ini merupakan tempat wisata yang paling ramai dikunjungi di Malaysia. Ingin mengunjungi tempat-tempat ini di masa pandemi? Bisa saja, nanti aku berikan tips wisata sehat ala Meripedia yang bisa diterapkan saat mengunjungi tempat-tempat wisata ini nantinya.

 

10 Tempat Wisata Paling Populer di Malaysia

 Kondisi alam yang indah, dan didukung oleh keramahan masyarakat lokal menjadikan Malaysia sebagai negara yang sangat nyaman untuk dikunjungi. Tempat-tempat wisata di Malaysia pun menjadi sangat populer di kalangan para pelancong mancanegara.

Berdasarkan penelusuran di dunia maya, Meripedia berhasil merangkum 10 tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Malaysia.

1.       Petronas Twin Towers (Menara Kembar Petronas)

Petronas Twin Towers atau lebih dikenal dengan sebutan Menara Kembar Petronas ini merupakan ikon negara Malaysia yang paling populer saat ini. Letaknya sangat strategis, berada di pusat kota Kuala Lumpur. Petronas Twin Towers terdiri dari 88 lantai dengan ketinggian mencapai 452 meter. Sampai saat artikel ini ditulis, Petronas Twin Towers masih dinobatkan sebagai menara kembar tertinggi di dunia.

2.       Kuala Lumpur Bird Park (Taman Burung Kuala Lumpur)

Kuala Lumpur Bird Park merupakan salah satu taman burung terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 3000 spesies burung.

Taman Burung Kuala Lumpur ini memberikan pengalaman wisata yang berbeda karena menyediakan fasilitas untuk bermain, berinteraksi, dan berfoto dengan berbagai jenis burung. Taman Burung Kuala Lumpur ini ramah anak, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai salah satu tempat wisata keluarga. Di tempat ini anak-anak bisa bermain, berlibur, sekaligus menambah wawasan akan keragaman spesies burung.

3.       Chinatown

Sesuai dengan namanya, Chinatown Kuala Lumpur merupakan surga belanja yang mayoritas pedagangnya keturunan China. Chinatown terletak di jalan Petaling, Kuala Lumpur, menjual berbagai macam barang mulai dari baju, tas, dompet, asesoris, mainan anak-anak, hingga obat herbal dengan harga yang murah. Jika ingin berburu oleh-oleh Malaysia, maka Chinatown adalah tempatnya.

4.       Kuala Lumpur Tower (Menara Kuala Lumpur)

Tidak hanya Menara Petronas, Malaysia juga memiliki menara terkenal lainnya yaitu Kuala Lumpur Tower yang memiliki tinggi 421 meter.

Selain berfoto-foto, di Menara  Kuala Lumpur ini kita bisa melakukan simulasi F1, memasuki zona binatang, menaiki kuda poni, melihat akuarium koral, mencoba sensasi teater XD, hingga mencoba menikmati sensasi makan di ketinggian. Di Menara Kuala Lumpur ini terdapat sebuah restoran mewah di desain unik, bisa berputar 360 derajat di ketinggian 282 meter. Menikmati makanan sambil memacu adrenalin? Hmm ... layak dicoba nih.

5.       Batu Caves

Batu Caves merupakan tempat suci umat Hindu yang terletak sekitar 13 kilometer dari Kuala Lumpur. Tempat ini menjadi sangat pupoler di Kuala Lumpur karena memiliki 272 anak tangga yang terjal. Pada setiap anak tangga terdapat angka, sehingga memotivasi siapa saja untuk terus menapakinya hingga ke puncak.

Di Batu Caves ini terdapat gua-gua yang masih asli dengan berbagai macam fauna di dalamnya, seperti laba-laba Liphistiidae dan Eonycteris, kelelawar Rousettus, dan monyet ekor panjang.

6.       Jalan Alor

Apalah artinya berwisata tanpa menikmati kuliner daerah setempat. Bagi kamu yang penasaran ingin menikmati kuliner asli Malaysia, bisa mengunjungi Jalan Alor yang terletak di Bukit Bintang.

Jalan Alor menyajikan beragam makanan dan minuman, mulai dari citarasa lokal, makanan China, India, hingga hidangan laut dengan harga yang murah.

7.       Aquaria KLCC

Tidak jauh dari Menara Kembar Petronas, di Kuala Lumpur City Centre terdapat Aquaria KLCC sebuah akuarium raksasa yang dibuat menyerupai habitat aslinya. Di Aquaria KLCC ini kita bisa melihat berbagai jenis ikan dari yang besar hingga yang kecil.

8.     Lake Gardens (Taman Tasik Perdana)

Taman Tasik Perdana merupakan taman yang sangat besar dan populer yang terletak di tengah  kota Kuala Lumpur. Luasnya mencapai 91 hektar, sehingga sering dijadikan sebagai tempat event-event menarik.

Di Taman Tasik Perdana ini terdapat beberapa objek wisata seperti taman rusa, taman anggrek, taman kembang sepatu, monumen nasional, dan lain-lain. Taman Tasik Perdana ini juga menyediakan fasilitas sepeda yang bisa disewa dengan biaya 3 ringgit dengan durasi 30 menit. Pengunjung bisa bersepeda mengelilingi taman sambil menikmati pemandangan yang indah.

9.    Kuil Kek Lok Si

Melipir sejenak dari Kuala Lumpur, kali ini kita akan mengintip keindahan Kuil Kek Lok Si yang berada di Air Itam, Penang, Malaysia.

Kuil Kel Lok Si atau dikenal juga dengan sebutan Kuil Kebahagiaan Agung atau Temple of Supreme Bliss merupakan bangunan pagoda yang terdiri atas 7 lantai. Kuil ini memiliki desain yang sangat indah, perpaduan budaya China, Burma, dan Thailand.  Pemandangan di sekitar kuil juga akan sangat rugi jika dilewatkan.

10.   Langkawi Cable Car

Berwisata di Malaysia tidak akan terasa lengkap jika kita tidak mencoba naik kereta gantung tertinggi kedua di Langkawi. Berada pada ketinggian 709 meter di atas permukaan laut, Langkawi Cable Car akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para penikmatnya. Kereta gantung ini akan melintasi hutan tropis dan air terjun yang indah.

 

Wisata Sehat di Malaysia bersama MHTC

Sebagaimana yang aku singgung di atas tadi, berwisata saat masa pandemi sekarang ini memang sangat rentan untuk dilakukan, tetapi bukannya tidak mungkin. Terutama jika imgin berlibur di Malaysia. Kita bisa berwisata sehat, lho.

Kok, bisa? Bagaimana caranya?

Jawabannya adalah Malaysia Healthcare Travel Council atau MHTC.

malaysia healthcare



MHTC merupakan sebuah organisasi perwakilan yang menaungi 69 rumah sakit swasta di Malaysia. Organisasi ini didirikan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia.

MHTC bertugas sebagai pusat informasi dan fasilisator yang diperuntukkan bagi pasien-pasien dari Indonesia dan negara lain di luar Malaysia yang membutuhkan seluruh informasi tentang perobatan di Malaysia.

Rumah sakit yang berada di bawah naungan MHTC tersebar di berbagai wilayah Malaysia seperti Kuala Lumpur, Penang, Malaka, Sabah, Serawak, Johor, Selangor, Pahang, Negeri Sembilan, Kedah, Perak, dan Kelantan.

Kantor pusat MHTC berada di Kuala Lumpur. Untuk memberikan pelayanan terbaiknya, saat ini MHTC memiliki kantor perwakilan di beberapa negara yaitu di Indonesia, China, Myanmar, dan Vietnam.

 

Layanan MHTC

Sebelum pasien berkunjung ke Malaysia:

1.   Merekomendasikan rumah sakit terbaik di malaysia, yang didukung oleh tenaga medis yang berpengalaman dan profesional.
2. Memberikan kemudahan untuk membuat jadwal kunjungan dokter di rumah sakit pilihan.

3. Memberikan informasi estimasi biaya perawatan dan pengobatan rumah sakit Malaysia sesuai dengan kebutuhan.

Setelah pasien tiba di Malaysia:

MHTC mendampingi calon pasien dengan layanan Malaysia Healthcare Meet and Greet Service (MGS) di Malaysia Healthcare Concierge & Lounge.


layanan mhtc


Malaysia Healthcare Concierge & Lounge memberikan pelayanan menyeluruh bagi mereka yang ingin melakukan wisata kesehatan setelah tiba di Malaysia. Layanan MGS  memberi kemudahan bagi pasien untuk mendapatkan informasi sekaligus menjadi tempat menunggu yang nyaman sebelum mendapatkan transportasi dan akomodasi.

Layanan dari MGS ini mencakup layanan penjemputan di bandara, hingga mempercepat proses perizinan visa kedatangan. Dengan adanya layanan ini pasien dan keluarga yang mendampingi menjadi lebih nyaman saat menunggu proses dokumen berlangsung.

 

5 Keuntungan Memilih Layanan MHTC 

Ada lima keuntungan yang pasien dan keluarga dapatkan jika memilih untuk menggunakan layanan MHTC, yaitu:

1.       Menjelajahi sekitar

Kurang lebih ada 69 rumah sakit swasta yang berada di bawah naungan MHTC yang tersebar di berbagai wilayan di Malaysia. Ketika proses pengobatan sudah selesai, pasien dan keluarga bisa menikmati tempat-tempat wisata menarik yang lokasinya tidak jauh dari rumah sakit.

2.       Fasilitas berkualitas

Fasilitas kesehatan di Malaysia sudah sangat maju dan modern karena didukung oleh peralatan-peralatan canggih dan tenaga medis profesional dan berpengalaman. Rumah sakit swasta di Malaysia memiliki kualitas pelayanan yang sangat baik karena diatur secara ketat oleh Kementrian Kesehatan Malaysia.

3.      Pilihan wisata yang beragam

Malaysia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Mulai dari wisata alam, budaya, religi, kuliner, hingga objek-objek wisata yang memacu adrenalin. Berdasarkan lokasi rumah sakit yang dipilih, setelah berobat pasien dan kelaurga bebas memilih objek wisata yang diinginkan.

4.       Harga terjangkau

MHTC memberikan layanan konsultasi gratis. Biaya pengobatan di Malaysia juga relatif terjangkau karena Kementrian Kesehatan Malaysia memberlakukan batas tarif tertinggi untuk perawatan kesehatan.

5.      Jarak dekat

Jarak Indonesia dan Malaysia sangat dekat, bisa ditempuh dalam waktu singkat. Hal ini sangat menguntungkan karena bisa menghemat waktu dan biaya perjalanan pastinya.

Nah, itulah beberapa tips wisata sehat yang bisa teman-teman lakukan saat berwisata di Malaysia. Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang MHTC ini, silakan kunjungi website resminya dengan alamat www.medicaltourismmalaysia.id. Jangan lupa follow akun instagram mereka juga @medtourismmy.id agar bisa mendapatkan informasi terbaru seputar layanan MHTC ini.

 

 

 

You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.

Newsletter