Ini Alasan Mengapa Mobil Harus di Tune Up

June 17, 2022

 

Tune Up mobil adalah salah satu perawatan rutin wajib yang harus dilakukan pemilik mobil untuk menjaga performa mesin mobil agar tetap prima. Secara umum pengertian tune up adalah membersihkan semua komponen mobil serta melakukan penyetelan ulang mesin mobil agar kembali seperti semula sehingga performanya bisa meningkat.  Itulah alasan mengapa mobil harus di tune up dengan rutin. Tune up mobil bisa di lakukan di bengkel.

Beda Tune Up dan Service Biasa

Kebanyakan orang sering salah mengartikan makna dari tune up. Banyak yang berpikir jika tune up sama seperti service mobil biasa pada umumnya. Padahal keduanya memiliki makna yang berbeda dan tujuan yang berbeda juga. Tune Up adalah suatu tindakan yang memang dilakukan saat melakukan service mobil. Namun tindakan perawatan ini sangat detail dan lebih beragam dibandingkan dengan service mobil biasa.

Selain itu, proses melakukan tune up membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan service biasa, karena kondisi dalam mesin mobil akan diperiksa secara keseluruhan. Sedangkan service mobil biasa hanya melakukan pengecekan pada bagian mobil tertentu misalkan bagian filter udara, rem, fluida dan sistem injeksi.

Alasan Mengapa Mobil Harus di Tune Up

Jika Anda sudah memahami dengan benar perbedaan tune up dan service biasa, dan pentingnya melakukan tune up mobil. Maka tidak ada salahnya untuk melakukannya, agar mobil Anda bisa tetap dalam kondisi baik dan prima. Sebab, biasanya kendaraan yang digunakan dalam jangka waktu lama akan mengalami penurunan dalam performanya. Tune up mobil juga memberikan manfaat bagi mobil itu sendiri, itulah mengapa mobil harus di tune up. Adapun manfaat tersebut adalah:

1. Menjaga Performa Mesin Mobil

Manfaat utama dari tune up mobil adalah menjaga performa mesin mobil agar tetap prima. Hal ini dikarenakan saat melakukan tune up, semua bagian mesin akan diperiksa, dibersihkan dan dilakukan perbaikan jika memang ada kendala atau masalah. Sehingga kinerja mesin mobil akan meningkat dan lebih maksimal meski sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

2. Menjaga Mesin Mobil tetap Awet

Manfaat tune up lainnya adalah menjaga mesin mobil agar tetap awet. Dengan melakukan tune up mobil secara rutin, maka kondisi mesin mobil bisa lebih awet meski usia mobil sudah tua. Mobil yang rutin di tune up akan memiliki usia yang lebih panjang dibandingkan dengan mobil yang jarang di tune up. Ini juga jadi alasan penting mengapa mobil harus di tune up.

3. Menghindari Kerusakan Mobil yang Lebih Parah

Banyak orang memiliki mobil yang tidak menyadari jika beberapa komponen di dalam mesin mobil seharusnya diganti atau dilakukan setel ulang. Umumnya, seseorang  akan menyadari jika kondisi mobil sudah rusak parah, dan tentunya akan menghabiskan biaya yang lebih besar untuk perbaikan.

Berbeda dengan  mobil yang rutin di tune up, karena jika ada komponen yang sudah tak layak digunakan maka montir akan langsung merekomendasikan untuk menggantinya, sehingga biaya untuk penggantian komponen tidak terlalu besar.

4. Hemat Biaya Perawatan

Jika dibandingkan melakukan service biasa pada mobil berulang kali, melakukan tune up secara rutin beberapa bulan sekali akan jauh lebih hemat. Selain itu, kualitas yang diperoleh juga lebih detail dan maksimal.

5. Meningkatkan Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

Mobil yang di tune up secara rutin pastinya akan nyaman digunakan. Hal ini karena salah satu manfaat dari tune up mobil adalah menjaga performa mesin mobil agar tetap prima dan berjalan dengan baik. Selain nyaman, mengendarai mobil yang telah di tune up juga terbukti lebih aman.

Tak hanya menjaga performa mesin, seluruh komponen mesin di dalam mobil pastinya akan melalui tahap pengecekan dan perbaikan. Sehingga tidak perlu was-was jika mobil mogok ditengah perjalanan.

Komponen Mobil yang di Tune Up

Ada tiga komponen utama yang akan dilakukan pemeriksaan pada saat tune up.

1. Mesin

Pada bagian mesin, ada beberapa komponen yang akan dilakukan pengecekan antara lain adalah pengecekan pelumas oli untuk memastikan kualitas oli masih baik atau tidak. Selain itu juga ada pengecekan busi untuk mengetahui proses pembakaran dalam mesin dalam kondisi yang baik.

Pemeriksaan filter udara dan filter bensin juga dilakukan untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam. Terakhir akan dilakukan pengecekan pada bagian karburator/throttle body dan penyetelan uang mesin. Namun pada mesin injeksi biasanya hanya dibersihkan bagian throttle body dan ISC valve.

2. Chassis

Pada bagian ini juga akan dilakukan pemeriksaan di beberapa komponen misalnya pada bagian kemudi, dipastikan masih balance dan berfungsi dengan baik. Ban dan velg juga akan diperiksa apakah perlu dilakukan pergantian atau tidak. Tak lupa sistem rem juga akan  diperiksa mulai dari kampas hingga minyak rem.

3. Kelistrikan

Saat melakukan tune up bagian kelistrikan juga akan dilakukan pengecekan salah satunya aki. Aki akan diperiksa apakah masih layak digunakan atau perlu diganti, bagaimana kondisi tegangannya, dan yang lainnya. Selain itu bagian-bagian lain seperti lampu, klakson dan baterai juga tak lepas dari pemeriksaan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan alasan mengapa mobil harus di tune up yaitu karena memberikan banyak manfaat bagi mobil itu sendiri. Bila Anda membutuhkan bengkel tune up untuk membantu melakukan perawatan wajib tersebut Anda bisa kunjungi Otoklix yang akan menghubungkan Anda dengan bengkel-bengkel terpercaya dan profesional dalam perawatan mobil.

You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.