Yuk Sulap Nasi Sisa Jadi Cireng Sehat, Renyah, dan Gurih

February 20, 2022

Cireng, siapa tak suka cemilan yang satu ini? Meski berasal dari Jawa Barat tetapi bagi saya yang tinggal di Jawa Timur, cireng juga jadi favorit sekeluarga. Cemilan yang satu ini krispi dan gurih, cocok dimakan pagi-pagi untuk sarapan (karena kalau di Malang saat pagi tuh dingiin banget), atau sore-sore kala hujan, sambil ngeteh atau ngopi.

camilan kekinian


Cireng adalah singkatan dari aci digoreng. Aci itu tepung kanji (bahasa sunda). Akan tetapi kalau bikin cireng dari tepung kok rasanya saya kurang telaten ya, kudu ngaduk-ngaduk dulu, dibentuk, digoreng. Belum lagi resiko minyaknya meletup-letup. Karena cireng kan kudu digoreng pakai minyak panas, biar krispi.

Akan tetapi saya sudah nemu triknya, bikin aja cireng nasi. Ketika ada nasi sisa tidak dibuat nasi goreng seperti biasa, tetapi ‘disulap’ jadi cireng nasi. Kan sayang kalau ada nasi sisa, jangan dibuang dulu karena masih bisa diolah lagi jadi cemilan yang enak dan sehat.

Cireng Sehat, Gimana Cara Bikinnya?

Cireng memang makanan yang digoreng tetapi bukan berarti gagal jadi makanan sehat. Biar aman untuk kesehatan, caranya pakai minyak goreng yang masih bening. Kalau bisa ada minyak kelapa ya, Bun! Gorengan jadi lebih sehat.

Lalu setelah cireng digoreng, pastikan ditiriskan hingga sisa minyaknya berkurang banyak. Agar lebih maksimal, taruh cireng di piring yang dialasi tisu foodgrade sehingga bisa menyerap minyak. Makan gorengan tidak apa-apa, asal diimbangi dengan minum air putih.

Satu lagi rahasia agar cireng jadi makanan yang sehat: saat membuatnya, campur nasi dengan tepung Kobe putih. Wah, ibu-ibu pasti sudah biasa pakai tepung Kobe kan di rumah? Karena gorengan jadi super krispi dan praktis, karena tidak usah mengaduk terigu dan bumbu sendiri.

Tepung Kobe Bumbu Putih

Tepung Kobe bumbu putih adalah varian dari tepung Kobe yang bisa dengan mudah didapatkan, dari warung sampai minimarket pun ada. Keunggulan dari tepung ini adalah tidak mengandung pewarna buatan, jadi putihnya dijamin alami. Selain itu, tidak mengandung pengawet. Aman nih buat anak-anak, karena sebagai ibu kita pasti memilihkan yang terbaik untuk mereka.

Keunggulan lain dari tepung Kobe bumbu putih adalah tidak mengandung gluten. Bagi ibu-ibu yang anaknya diet gluten karena ADHD atau sebab yang lain, penting banget lho! Jadinya bikin gorengan yang aman buat mereka dan menyehatkan.

Tepung Kobe bumbu putih teksturnya berbentuk kristal, jadi kalau dicampur nasi dan dijadikan cireng, bisa dengan mudah tercampur rata. Selain itu, tepung Kobe bumbu putih butirannya lebih renyah, jadi gorengan super krispi dan tebal.

Saya tuh pasti beli tepung Kobe bumbu putih kalau belanja bulanan, karena tepung ini kan terbuat dari aci. Praktis banget kalau mau bikin cireng, cimol, cilor, atau jajan peracian lainnya. Lebih hemat bikin jajanan sendiri kan, ibu-ibu?

Resep Cireng Nasi Kobe

Sekarang kita bikin cireng nasi Kobe yang yummy dan sehat:

Bahan-bahan:

200 gram nasi putih

100 mililiter air

1 bungkus tepung Kobe bumbu putih (75 gram)

10 gram daun bawang

Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

1. Aduk nasi dengan air, cincangan daun bawang, dan sebungkus tepung Kobe bumbu putih hingga benar-benar merata.

2. Panaskan minyak, ambil setengah sendok makan adonan, lalu goreng hingga berwarna cokelat keemasan.

3. Sajikan dengan bumbu rujak.

Ini resep bumbu rujaknya:

Bahan-bahan:

1 sdm kacang tanah goreng

100 gram gula merah

Terasi secukupnya

50 mililiter air hangat

1 sachet boncabe level 10 (original)

1 sdm air asam jawa

bikin camilan gampang


Cara membuat:

1. Haluskan kacang tanah, terasi, gula merah, dan air hangat.

2.Tuang Boncabe level 10 dan air asam jawa.

3. Aduk rata, siap dijadikan saus / colekan cireng.

Bagaimana Bun, mudah kan membuat cireng nasi dengan tepung Kobe bumbu putih? Cirengnya dijamin renyah, gurih, dan sehat tentunya.

You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.