Pentingnya Website Untuk Bisnis

March 09, 2022

membuat website yang baik

Sebagai emak-emak olshop mau gak mau kita harus mengikuti perkembangan zaman yang semakin mengglobal dan dinamis nih. Berbisnis di era digital menuntut kita, para emak, untuk beradaptasi dengan kondisi disrubsi.

Bisnis Online Di Masa Pandemi

Dahulu sebelum familiar dengan istilah online, jika ingin sukses dalam meraup omset, bisnis tidak harus dituntut untuk memanfaatkan berbagai platform media digital yang ada di dalam aktivitas promosi dan marketing. 

Namun, seiring perubahan zaman seperti sudah menjadi kesepakatan umum, jika ingin segera memperbesar bisnis wajib hukumnya memanfaatkan digitalisasi teknologi informasi. Salah satunya ya dengan membuat website.

Ketika suatu bisnis sudah terindeks oleh mesin pencari google dan muncul di halaman pertama artinya peluang bisnis untuk berkembang akan terbuka lebar. Oleh karena itu, pada era digital seperti saat ini, memiliki website untuk kepentingan bisnis, apa pun bentuk bisnis yang ditekuni, menjadi hal wajib yang harus diperhatikan.

Bagi sebagian orang, dalam mengembangkan bisnisnya  bisa saja memanfaatkan berbagai platform e-commerce dan sosial media yang ada. Untuk kepentingan marketing, seseorang bisa mempromosikan dan melakukan transaksi melalui shopee, lazada, tokopedia, dan platform e-commerce atau yang lain.

Bisa juga melakukan aktivitas promosi dan marketing melalui medsos instagram, facebook, twitter, dan platform sosial media sesuai kepentingan bisnis tersebut. 

Cara bisnis online mudah

Nah, jika seseorang memiliki website khusus untuk kepentingan bisnisnya, potensi untuk meng up grade dan melakukan percepatan bisnis tersebut akan terbuka lebar. Paling tidak, apabila memiliki website membuat bisnis kita memiliki branding yang kuat dan terkesan profesional. 

Pengertian website

Nah, sebenarnya apa sih website itu? Tau gak sih, Bun, website pertama kali diperkenalkan oleh Tim Berners Lee, seorang ilmuwan komputer asal Inggris. Awal dibuatnya website bertujuan untuk menyebarkan informasi dan berbagi dengan sesama peneliti. Saya juga baru tahu lho. Hihi.. 

Website sendiri bisa diartikan sebagai kumpulan halaman dalam suatu domain yang berisi tentang berbagai konten informasi tulisan, gambar, dan video yang bisa diakses oleh semua pengguna internet melalui suatu mesin pencari.

Pada umumnya, para pengguna internet memanfaatkan mesin pencari google untuk berbagai kepentingan yang diperlukan. Nah, mesin pencari ini gak cuma google aja lho banyak kok yang lain. Namun yang paling populer ya emang si Mak Google ini.

Mudahnya bertransaksi dan mencari informasi tentang suatu barang secara lengkap bisa dilakukan dengan browsing. Misalnya kita sedang mencari mesin cuci dengan kualitas yang bagus namun budgetnya bisa disesuaikan dengan kemampuan kita. Nah, kita tinggal mengetik kata kunci di mesin pencarian dan muncullah berbagai website yang menunjukkan informasi yang kita cari. Mudah ya?

Website sebagai media branding

Balik lagi ke bakulan online nih. Misal aku jualan daster ya, Bun. Nah, ternyata setelah aku cek di mesin pencari tuh yang punya bisnis serupa beuhh bejibun. Banyak banget. Kalo kita lempeng-lempeng aja usahanya ya hasilnya gitu-gitu aja. Di dunia ini banyak banget yang bakulan daster bahkan kualitas dan harganya di atas kita. Kalo kita brandingnya gak di maksimalkan ya jelas kalah ama yang lain.

Website bisa membantu pengguna internet untuk memiliki kesadaran terkait merk barang tertentu atau jasa yang sedang dibutuhkannya. Website yang baik harus bisa menginformasikan kepada audiens terkait berbagai keuntungan yang diperoleh apabila menggunakan merk produk tertentu. Jika branding kita sudah kuat maka cuan pun mengalir deras.

Oleh karena itu, saat mendesain situs sebuah website, kita gak boleh sembarangan. Kita harus memikirkan target audiens dan cara efektif agar google mengindex situs website tersebut. Satu hal yang perlu diperhatikan, semua pengalaman online audiens terhadap sebuah brand produk tertentu bermula dari mesin pencari.

Semakin tinggi peringkat suatu website di google misalnya, semakin besar pula peluang pelanggan online untuk melihat dan mengeksplore website yang dibutuhkannya. Seneng kan kalo ada yang menemukan daster kita di internet?

Meningkatkan citra dan reputasi bisnis

Nah, karena website ini penting banget maka sebelum membuat website kita harus memperhatikan hal-hal tertentu agar mampu meningkatkan citra dan reputasi yang baik bagi daster kita. Efek domino website yang baik mampu menciptakan audiens yang tertarget. Oleh karena itu, desain website harus up to date, proses loading harus cepat, dan layout website yang tepat harus menjadi fokus utama sebelum membuat  website.

Nama domain juga diusahakan menunjukkan branding bisnis kita. Jangan pakai nama domain yang galau dan alay gitu, ya Bun. Hosting yang dipakai juga pastikan yang emang udah terpercaya dan recommended ya.

Memahami perilaku audiens dengan baik

Website yang dirancang dengan baik akan dapat membantu kita untuk memahami perilaku audiens yang tertarget melalui analisis statistik pengunjung website. Melalui penggunaan platform analitik seperti Google Analytics, pebisnis akan paham perilaku audiens. Dengan demikian, pebisnis akan dapat menentukan sikap yang tepat ketika mengambil keputusan untuk pengembangan bisnis onlinenya. Cara memasang google analitik di website kita mudah kok, Bun. Ntar kalo dah longgar waktunya  buat nulis cara daftarnya aku share di sini. 

Pastikan mencari informasi yang tepat di mana kita bisa membeli domain, hosting dan vps yang terbaik. Salah satu penyedia jasa pembelian domain, hosting dan VPS Indonesia yang bagus ya Niagahoster. Aku udah pakai untuk beberapa situsku dan selama ini alhamdullillah lancar.  Layanannya memuaskan.

Cara membuat website

Pengelolaan server website Niagahoster fleksibel dan terkontrol. Selain harganya terjangkau, fitur yang lengkap akan mendukung skalabilitas bisnis dengan kualitas website yang profesional. 

Nah, salah satu tujuan kita membuat website adalah untuk mendapatkan traffic. Semakin banyak pengunjung yang mampir di blog kita maka kesempatan closing makin besar nih. VPS Indonesia yang memiliki space dan kecepatan maksimal ya lagi-lagi Niagahoster nih. Dengan website yang berkualitas, pastinya bisnis bisa lancar sesuai ekspektasi ya, Bun. Yuk ah. Bakulan daster lagi.





You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.