Menu Berbuka untuk Penderita GERD

March 10, 2022


Tak terasa sebentar lagi kita memasuki bulan suci ramadhan. Di bulan yang istimewa ini seluruh umat muslim berpuasa dan berharap pahala. Lalu, menunggu lebaran yang meriah dan kumpul keluarga. 

Akan tetapi, apakah Anda takut untuk puasa karena sakit GERD? Bagi penderita sakit di bagian lambung seperti GERD memang ada rasa khawatir untuk berpuasa karena takut akan kumat dan malah menderita karenanya. Namun jangan khawatir,  sebenarnya puasa malah dianjurkan karena jam makan jadi teratur (sekitar jam 3 pagi dan 6 sore). Sehingga lambung akan aman dari ancaman GERD.

Agar bulan ramadhan dilalui dengan kuat tanpa ada serangan GERD, maka Anda bisa menyusun menu berbuka. Pilih makanan dan minuman yang aman, tidak pedas, dan tidak asam, agar lambung tidak kaget ketika berbuka puasa. Berikut ini beberapa contohnya:

1. Pisang

Ketika membeli makanan untuk takjil maka tak usah pusing-pusing. Beli saja pisang yang aman untuk penderita GERD. Saat berbuka, satu buah pisang bisa jadi pengganjal perut sebelum makan nasi atau makanan berat lainnya. Pisang mengandung PH 5,6 yang bisa menetralisir asam lambung. Anda bisa berbuka dengan kenyang tanpa takut serangan GERD.

2. Sari Lidah Buaya

Lidah buaya bisa menjadi menu segar dan bergizi untuk berbuka puasa, sekaligus aman bagi penderita GERD. Bersihkan lidah buaya dari kulit dan lendirnya lalu potong dadu. Setelah itu, campur dengan sedikit garam dan kapur sirih, rendam selama satu jam dan bilas kembali. Rebus dengan air gula dan daun pandan. Jadilah sari lidah buaya yang segar dan baik untuk lambung, serta bisa mengademkan perut. 

3. Mentimun

Anda ingin makan sayur untuk berbuka tetapi tidak sempat memasak? Mentimun adalah pilihan terbaik karena sayur ini bisa dilalap alias tidak usah dimasak juga tidak apa-apa. Bersihkan mentimun di bawah air mengalir lalu buang bagian ujungnya, dan potong sesuai selera. Makan nasi akan makin segar jika ditambah lalapan mentimun, yang juga berkhasiat untuk meredakan GERD.

4. Roti Gandum

Roti gandum baik untuk dikonsumsi ketika berbuka, karena mengandung serat tinggi yang baik untuk pencernaan. Selain itu, roti gandum lebih lambat dicerna daripada roti putih sehingga lambung akan aman, karena tidak dipaksa bekerja dengan cepat saat sudah waktunya berbuka puasa.

Vitamin dan nutrisi di roti gandum amat baik untuk penderita GERD. Sediakan 1 loaf roti gandum yang sangat praktis karena saat berbuka tinggal diambil selembar, lalu diberi sedikit selai cokelat atau peanut butter.

5. Sereal

Sereal amat praktis karena tinggal diseduh dengan air panas, lalu dikonsumsi untuk berbuka puasa. Saya pilih sereal Nutriflakes karena baik untuk penderita GERD. Nutriflakes terbuat dari pati umbi garut yang baik untuk lambung, selain itu juga ada ekstrak kelor yang disebut super food karena penuh gizi. Juga ada susu kambing etawa yang bikin tubuh makin sehat. 

Cara membuat Nutriflakes juga praktis karena tinggal mengambil 3 sendok makan sereal itu lalu diseduh dengan 150 mililiter air panas. Saat sudah menghangat maka tinggal diminum, eits nunggu adzan maghrib dulu ya.

Anda juga bisa membuat kreasi Nutriflakes dengan mengambil 7-8 sendok makan sereal lalu ditaruh di mangkuk dan diseduh air panas 150 mililiter. Di atasnya tinggal ditaruh topping berupa potongan pisang ambon dan alpukat. Jadilah menu berbuka puasa yang praktis dan aman bagi lambung.

Untuk mengetahui info lebih lanjut, Anda bisa membuka akun Instagram @nutriflakes.official. Lalu, kalau mau beli tinggal buka marketplace saja di toko officialnya: Tokopedia Nutriflakes dan Shopee Nutriflakes. Puasa jadi aman berkat Nutriflakes.

You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.