Macam - Macam Perjalanan Bisnis dan Tujuannya

August 04, 2022

 

Macam-macam perjalanan bisnis harus kamu pahami dengan baik, karena setiap perjalanan bisnis ini memiliki tujuan dan jenis yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu harus memahaminya sebaik mungkin karena akan berpengaruh pada pekerjaanmu di kemudian hari.



Agar nyaman, ketika kamu melakukan perjalanan bisnis sebaiknya kamu membeli produk asuransi di PT Asuransi Simas Insurtech yang bisa memberikan jaminan perlindungan atas berbagai risiko yang mungkin terjadi saat kamu melakukan perjalanan bisnis.

Pengertian Perjalanan Bisnis

Secara umum dapat dipahami bahwa pengertian perjalanan dinas atau bisnis adalah perjalanan yang dilakukan karyawan maupun petinggi di perusahaan yang berkaitan dengan pengembangan bisnis. Perjalanan bisnis dilakukan dengan tujuan yang berbeda-beda.

Namun, semua tujuan perjalanan ini pastinya berkaitan dengan kepentingan dan kebutuhan perusahaan. Sebab, perusahaan membutuhkan kerja sama, negosiasi, mengikuti tender dan urusan lainnya yang memungkinkan karyawan dan wakil dari perusahaan untuk keluar daerah dan menemui pihak-pihak terkait.

Kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapa saja baik itu karyawan biasa yang dianggap bisa mengemban tugas ataupun pemimpin perusahaan. Namun, dalam persiapannya telah dilakukan oleh sekretaris seperti kebutuhan dokumen dan lain sebagainya.

Akan tetapi, untuk perusahaan yang baru berdiri biasanya pemimpin perusahaan tetap turun tangan dalam persiapan perjalanan bisnis ini. Setelah perusahaan berjalan beberapa saat barulah tugas sekretaris akan semakin jelas dan bisa mempersiapkan hal tersebut.

Melalui pernyataan di atas dapat kamu pahami bahwa dalam perjalanan bisnis peran seorang sekretari sangatlah penting karena mempersiapkan beberapa hal berikut, yaitu:

-       Mengurus keberangkatan hingga kepulangan

-       Mempersiapkan tiket dan akomodasi yang dibutuhkan

-       Mempersiapkan dokumen perjalanan bisnis sesuai dengan kebutuhan bisnis

-       Membuat laporan selama perjalanan bisnis berlangsung jika sekretaris ikut serta

Macam-Macam Perjalanan Bisnis

Setelah kamu memahami pengertian dan tujuan perjalanan dinas maupun bisnis di atas, maka sekarang kamu harus memahami apa saja jenis dari perjalanan bisnis tersebut.

Ditinjau dari Wilayah Tujuan

Wilayah tujuan merupakan jenis dari perjalanan bisnis yang pertama. Wilayah tujuan perjalanan bisnis biasanya terbagi 2, yaitu:

1.    Perjalanan Bisnis Dalam Negeri (Domestik)
Perjalanan dinas domestik adalah perjalanan bisnis yang dilakukan di dalam negeri baik itu antar kabupaten, kota, provinsi ataupun pulau. Mengingat wilayah tujuannya masih dalam negara sendiri maka waktu untuk urusan bisnis biasanya pendek.

Namun, hal ini bergantung kepada bisnis masing-masing. Jika kamu bergerak dalam bidang konstruksi maka perjalanan bisnis bisa menjadi berbulan-bulan. Namun, jika hanya mengikuti pertemuan, seminar, dan acara harian lainnya maka waktu perjalanan menjadi sangat singkat.

2.    Perjalanan Bisnis Luar Negeri (Mancanegara)
Sesuai dengan namanya, jenis perjalanan dinas ini mengharuskan kamu untuk meninggalkan negara sendiri dan memasuki negara asing. Jenis perjalanan bisnis ini bisa sebentar atau pun lama bergantung kebutuhan perusahaan.
Namun, persiapan untuk perjalanan ini lebih rumit karena kamu harus mempersiapkan paspor, visa, dan lain sebagainya.

Ditinjau dari Alat Transportasi yang Digunakan

Selain wilayah tujuan, bentuk bentuk perjalanan bisnis pimpinan perusahaan swasta lainnya dapat dilihat dari alat transportasi yang digunakan.

Hal ini harus diketahui karena setiap alat transportasi ini memiliki biaya dan jarak tempuh yang berbeda-beda. Adapun alat transportasi yang dipakai antara lain:

1.    Alat Transportasi Udara
Untuk perjalanan bisnis yang membutuhkan waktu yang cepat maka para karyawan biasanya menggunakan pesawat udara sebagai alat transportasi utama. Karena, waktu tempuh untuk mencapai tujuan jauh lebih cepat dan aman.

Namun, biaya pesawat cukup mahal sehingga perusahaan harus cerdik dalam mempersiapkan akomodasi yang dibutuhkan.

Ketika kamu melakukan perjalanan bisnis menggunakan pesawat, ada baiknya kamu membeli asuransi keterlambatan penerbangan Simas Insurtech. Sebab, mengalami keterlambatan penerbangan tentunya membuat kita dan perusahaan jadi rugi.

Dengan memiliki asuransi ini, kerugian atau risiko yang kamu alami karena pesawat delay akan dicover oleh pihak asuransi.

2.    Alat Transportasi Darat
Jika kamu ingin melakukan perjalanan dinas dengan santai dan biayanya murah maka transportasi darat adalah pilihan terbaik. Biasanya, pilihan kendaraan ini adalah kereta api, bus, travel, sepeda motor dan lainnya.

Transportasi darat lebih disukai jika lokasi tujuan tidak begitu jauh dan kamu memiliki waktu yang cukup. Selain itu, memakai moda transportasi ini biasanya jauh lebih murah sehingga dana transportasi dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lain selama perjalanan dinas.

3.    Alat Transportasi Laut
Transportasi laut biasanya jarang digunakan untuk perjalanan bisnis. Karena saat ini sebagian besar lokasi bisnis dilakukan di kota-kota besar.

Namun, kapal laut tetap dibutuhkan karena terdapat beberapa pulau kecil di Indonesia yang tidak memiliki bandara sehingga jalur laut merupakan satu-satunya alat transportasi yang bisa digunakan.

Dilihat dari Tujuan Perjalanan Bisnis

Jenis perjalanan bisnis lainnya dapat kamu lihat dari tujuannya sendiri. Perlu dipahami bahwa setiap perjalanan dinas memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Perbedaan ini tentu mengharuskan sekretaris mempersiapkan hal yang berbeda pula. Ada pun jenis perjalanan bisnis jika dilihat dari tujuannya adalah:

-       Perjalanan bisnis untuk rapat kerja (baik itu skala nasional, provinsi dan lainnya).

-       Untuk kegiatan seminar nasional, konferensi, temu ilmiah, rapat tenaga ahli dan lainnya.

-       Perjalanan bisnis untuk kunjungan kerja.

-       Perjalanan bisnis untuk pelantikan jabatan.

-       Perjalanan bisnis untuk negosiasi dan pengadaan kerjasama bisnis.

-       Perjalanan bisnis untuk pelatihan serta pendidikan.

-       Perjalanan bisnis untuk untuk kegiatan sosial, amal dan lainnya.

-       Perjalanan bisnis untuk mengikuti tender bisnis.

-       Perjalanan bisnis untuk mengikuti acara seremonial (baik itu untuk acara kenegaraan nasional, agama tertentu ataupun kelompok dan organisasi tertentu)

-       Perjalanan bisnis untuk kegiatan evaluasi dan monitoring.

Macam macam perjalanan bisnis di atas penting untuk diketahui, karena dengan demikian, kamu bisa memahami perbedaan dan tujuannya masing-masing.

You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.