Hal-Hal Unik Yang Hanya Terjadi Menjelang Tahun Baru

December 29, 2022

 


Perayaan tahun baru seringkali menjadi momentum penting bagi tiap orang. Dengan merayakan pergantian tahun, setiap orang diingatkan bahwa waktu terus berjalan begitu juga dengan kehidupan kita. Kita diingatkan untuk terus bisa memanfaatkan waktu dengan baik sehingga tidak ada penyesalan di masa depan.



Untuk bisa mendapatkan makna pergantian tahun, tiap tempat dan budaya memiliki tradisi perayaan tahun barunya masing-masing. Dalam rangka meramaikan momentum tahun baru, berikut ini adalah hal-hal unik yang hanya terjadi saat tahun baru :


1. Konfeti dan kembang api

Perayaan tahun baru tanpa konfeti dan kembang api seperti sayur tidak diberi garam, ada yang kurang . Dengan beragam bebunyian dari konfeti dan kembang api, kemeriahan tahun baru dirayakan dengan suka cita. Keramaian yang dihasilkan tidak hanya dari suara yang menggelegar, tapi juga keindahan dan kehangatan kembang api yang meledak di gelapnya langit malam.


Tetapi ingat, bagi Anda yang menggunakan kembang api ukuran besar dan jumlah banyak, harus ekstra hati-hati resiko kebakaran. Jika perlu gunakan pelindung diri yang cukup dan alat pemadam api, karena cukup sering pesta kembang api tahun baru yang berujung kebakaran. 


2. Menonton Ball Drop di Times Square

Di New York City, ada tradisi yang tidak bisa dilewatkan ketika perayaan Tahun Baru. Perayaan Ball Drop ini dilaksanakan tiap 31 Desember di Times Square. Penyanyi terkenal diundang untuk tampil dan turut melakukan  hitung mundur 60 detik menuju tahun baru. Pada tengah malam kembang api akan diledakkan dan bola besar akan turun dari tiang tinggi saat tahun baru tiba.


3. Memakan 12 Anggur

Di Spanyol memakan anggur merupakan tradisi Tahun Baru. Mereka hanya memakan 12 buah anggur, tidak kurang dan tidak lebih. Alasannya adalah karena setahun terdiri dari 12 bulan. Dikatakan bahwa di Spanyol memakan satu persatu anggur ketika lonceng tahun baru dibunyikan 12 kali. Tradisi ini diyakini mampu menangkal nasib buruk sekaligus meningkat peluang memiliki tahun baru yang makmur dan beruntung.


4. Kunjungan Pertama ke Kuil 

Tradisi ini disebut Hatsumode atau Hatsumairi di Jepang. Orang-orang biasanya mengunjungi kuil dari tanggal 1 hingga 3 Januari untuk berdoa dan meminta perlindungan para dewa. Setelahnya orang Jepang biasanya melakukan ramalan di tahun baru yang disebut omikuji. Ramalan ini untuk melihat peruntungan mereka di Tahun Baru. 


5. Memakan Sup Tteok

Tradisi satu ini merupakan tradisi Tahun Baru di Korea Selatan. Sup Tteok sendiri merupakan kue beras (tteok) yang direbus dengan kaldu. Alasan kenapa orang korea makan sup tteok karena memiliki artian untuk melupakan hal buruk yang terjadi tahun lalu dan memulai lagi dengan memakan sup tteok ini. 


6. Membakar Boneka Pria Tua

Tradisi unik ini berasal dari Goa, India. Ketika penyelenggaraan tahun baru, banyak desa di Goa yang akan bersiap membakar boneka Pria Tua. Boneka ini mirip orang-orangan sawah, namun dibuat untuk dibakar tepat ketika pukul 12. Dengan membakar boneka pria tua ini, orang-orang merasa telah “membakar” semua hal-hal negatif dan siap memulai tahun baru dengan semangat baru.


7. Memecahkan Piring-Piring Lama

Perayaan tahun baru satu ini biasa dilakukan di Denmark. Pada Malam Tahun Baru, orang Denmark akan memecahkan piring yang sudah lama tidak terpakai setelah sepanjang tahun disimpan. Piring-piring ini dilemparkan ke depan pintu sebagai tanda keberuntungan. 


8. Pengiriman Barang Banyak yang Terlambat

Pengiriman paket pada kerabat biasanya melonjak drastis menjelang tahun baru. Banyak orang yang ingin mengirimkan hadiah natal dan banyak juga promo menjelang natal dan tahun baru, membuat perusahaan ekspedisi kewalahan, terutama perusahaan ekspedisi dan importir barang China karena banyak barang-barang tersebut dikirimkan dari gudang-gudang penyimpanan di China.


Jika menantikan hadiah atau kiriman, jangan kecewa bila pengirimannya akan terlambat. 


Selamat Tahun Baru!

Sebagai penutup, apapun tradisi dan perayaan yang akan kita lakukan untuk memeriahkan momen pergantian tahun, semoga kita mendapatkan makna terkait pengalaman yang sudah dilalui di tahun lalu. Kegagalan maupun kesuksesan di tahun lalu tersebut merupakan perjalanan dalam membentuk kita menjadi pribadi yang lebih baik.


You Might Also Like

1 komentar

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.