Aktivitas Ringan Sehari-Hari Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung

January 06, 2023

 

 

Setiap kali manusia melakukan aktivitas fisik, ada satu otot yang menjadi lebih kuat. Otot ini tidak bisa dipungkiri baik untuk tubuh sehat yaitu jantung. Faktanya, orang yang tidak aktif bergerak hampir dua kali lebih berkemungkinan memiliki penyakit jantung.



Jantung menjadi organ paling vital bagi tubuh manusia. Jika fungsi jantung berhenti, manusia hanya memiliki waktu 4 menit untuk bisa bertahan hidup. Belum lagi risiko kematian akibat serangan jantung yang seringkali tidak memiliki gejala.

Oleh karenanya, menjaga kesehatan jantung idealnya menjadi prioritas Anda. Bagi yang hobby olahraga, bisa saja rutin pergi ke tempat kebugaran atau menyediakan peralatan fitness sendiri di rumah. Tapi jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan olahraga rutin, berikut ini adalah aktivitas sehari-hari yang bisa menjadi langkah awal menjaga kesehatan jantung

 

Berjalan Kaki

Sebagian besar manusia menganggap berjalan kaki adalah aktivitas yang remeh, sebab manusia berjalan untuk berpindah  tempat. Namun jika Anda mencoba berjalan cepat, Anda akan segera merasakan perubahan pada tubuh Anda. Jantung akan berdetak sedikit lebih cepat, laju pernapasan akan meningkat, dan otot kaki akan terasa bekerja.

Berjalan cepat bisa menjadi usaha untuk mulai melatih otot jantung Anda. Anda bisa berjalan di mana dan kapan pun. Anda juga bisa melakukannya sambil mendengarkan musik, podcast, atau bersama teman. Berjalan menjadi aktivitas fleksibel yang memudahkan siapa saja. Mulailah dengan berjalan jika tujuanmu tidak terlalu jauh dibanding mengendarai sepeda motor.

 

Bersepeda

Sepeda tidak hanya alat transportasi manual sebab bersepeda terbukti membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Bersepeda secara teratur mampu merangsang dan meningkatkan performa jantung, paru-paru dan sirkulasi darah. Hal-hal tersebut bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu, bersepeda juga bisa mengurangi polusi kendaraan bermotor. Penelitian menunjukkan orang yang bersepeda ke tempat kerja terpapar polusi tiga kali lebih sedikit dibanding pengguna mobil. Dengan begitu kita dapat menjaga kesehatan bumi, kesehatan jantung dan fungsi paru-paru.

 

Berenang

Berenang merupakan olahraga yang baik untuk kesehatan jantung. Berenang mampu memperkuat jantung agar lebih besar dan lebih efisien dalam memompa. Dengan berenang Anda juga akan menggerakkan seluruh tubuh tanpa memberikan tekanan yang berlebihan pada sendi.

Selain menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, berenang juga dapat meningkat jumlah, ukuran, dan efisien mitokondria dalam tubuh. Mitokondria merupakan mesin penghasil energi yang berada dalam sel otot. Saat mitokondria lebih efisien, tugas sehari-hari lainnya akan membutuhkan lebih sedikit usaha.

 

Yoga

Meskipun Yoga terlihat sederhana dan remeh, namun yoga baik untuk kesehatan jantung. Dengan melakukan yoga, Anda akan memperkuat dan mengencangkan otot. Jenis yoga tertentu bisa meningkatkan detak jantung, tapi tetap memberikan ketenangan yang berpengaruh pada tekanan darah Anda.

Yoga merupakan aktivitas tubuh dan pikiran, sehingga memiliki banyak keuntungan lain. Seperti mengatasi stres, menurunkan tekanan darah, kolesterol darah dan kadar glukosa darah, serta detak jantung. Yoga juga dapat meningkatkan fleksibilitas, kekuatan otot, dan keseimbangan.

 

Berkebun

Kebanyakan orang hanya melihat berkebun sebagai hobi atau pekerjaan. Dibalik itu ternyata berkebun juga baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Jika kita menjabarkan kegiatan ketika berkebun seperti menyapu, mengangkat kantung tanah, mengolah tanah dan gerakan lain. Kegiatan tersebut sudah membantu mengeluarkan keringat dan memperkuat otot jantung.


Penelitian membuktikan bahwa satu jam berkebun dapat membakar hingga 300 kalori. Penelitian lain juga membuktikan orang-orang yang berkebun selama lebih dari dua jam seminggu mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sampai 37 persen. Selain itu berkebun juga mampu mengurangi stres yang baik untuk jantung Anda. Tetapi berkebun harus memperhatikan faktor safety, terutama bagi yang sudah berusia lanjut, karena seringkali harus memegang alat potong yang tajam dan resiko terkena bagai yang tajam dari tanaman. Ada baiknya menggunakan sarung tangan safety jika dirasa perlu, atau alat bantu safety lainnya.


Bermain Musik

Belajar memainkan alat musik bisa jadi sebuah tantangan. Namun banyak keuntungan yang didapat dari bermain musik. Terlepas dari memiliki keterampilan, bermusik memiliki manfaat kesehatan fisik, mental dan emosional.

Saat bermain beberapa jenis alat musik, ada otot-otot tertentu yang digunakan dan diperkuat. Misalnya dengan bermain drum bisa melatih seluruh tubuh dengan latihan kardio dan membuat detak jantung naik lalu darah mengalir. Selain kesehatan fisik, bermain musik bisa menjadi solusi untuk meredakan stres.

 

Rajin Sikat Gigi

Kesehatan gigi dan mulut secara umum memiliki kaitan dengan kesehatan jantung. Penyakit periodontal (penyakit gusi) yang tidak teratasi dapat menyebabkan inflamasi yang berkepanjangan di dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang dengan penyakit periodontal memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit jantung koroner dan stroke. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui secara pasti bagaimana kaitan kedua hal tersebut. Tentunya rajin sikat gigi dan menjaga kesehatan gigi dapat mengurangi resiko periodontal. Kunjungi klinik gigi terdekat jika Anda mengalami masalah dengan kesehatan gigi dan gusi Anda.

Kesehatan jantung seharusnya menjadi hal yang patut kita perhatikan. Maka kita harus mulai memperbanyak aktivitas fisik yang menjaga kesehatan jantung. Sehingga kita dapat memiliki hidup berkualitas dan berumur panjang.

You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.