Cara Agar Cepat PMS Untuk Bunda Yang Suka Telat Haid

January 06, 2023

 

cara melancarkan haid

Beberapa hari ini badan rasanya pegel-pegel kayak gak enak gitu. Trus jerawat udah mulai muncul. Huhu… tanda-tanda mau haid udah mulai muncul nih. Tapi setelah ditunggu beberapa hari eh kok tamunya belum muncul-muncul juga ya? Wah, kayaknya telat lagi nih kayak bulan kemarin. Pernah telat haid juga nggak, Bunda? Duh, sebel yak kalo sering telat begini.

Bahan Alami Agar Cepat PMS Untuk Yang Suka Telat Haid

Ada beberapa saran yang sering saya dengar dari kerabat maupun teman-teman yang pernah mengalami hal yang sama. Namun saya akan memilih beberapa saja bahan dari resep tradisional dan alami sehingga aman untuk tubuh kita.

1.     Meminum jahe hangat dan madu

Jahe dipercaya dari dulu memiliki beragam manfaat. Bukan hanya untuk menghangatkan tubuh dan meningkatkan imunitas tapi juga dipercaya bisa memicu kontraksi rahim. Nah, jika hal ini terjadi maka akan memicu haid datang lebih cepat. Jahe ini digeprek dan dicampurkan ke dalam segelas air hangat. Agar lebih manis bisa ditambahkan madu.

2.    Minuman kunyit asam

Kunyit berpengaruh pada kadar estrogen dan progesteron di dalam tubuh kita. Kunyit juga merupakan salah satu rempah-rempah yang bermanfaat untuk meredakan radang, nyeri haid dan anti alergi. Dengan ditambah asam rasanya jadi makin segar. Minum ramuan kunyit asam sudah merupakan tradisi di rumah saya jika ada anggota keluarga yang bermasalah dengan PMS yang tidak lancar. Meski sedang tidak haid, saya juga sering lho minum kunyit asam.

3.   Memakan buah nanas segar dan buah-buahan dengan kandungan vitamin C tinggi

Buah nanas kaya akan kandungan enzim bromelain. Enzim ini dapat memengaruhi estrogen dan membantu meredakan inflamasi. Nanas dapat mempercepat haid yang tidak teratur akibat inflamasi. Begitu pula dengan buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Buah-buahan ini mampu membuat dinding rahim berkontraksi dan mempercepat PMS.

4.   Gunakan rempah-rempah

 Rempah-rempah seperti kayu manis, daun parsley, daun sage, oregano, dan rosemary juga dipercaya mampu mempercepat haid. Rempah-rempah ini bisa dicampur ke dalam makanan atau dibuat dalam bentuk minuman. Rempah-rempah ini ada yang berasal dari luar negeri ada yang biasa kita temui di Indonesia. Cari yang mudah di temui di pasar aja ya biar gak bingung.

Namun perlu diingat meski bahan – bahan di atas bersifat alami namun pemanfaatannya tidak boleh berlebihan. Semua harus sesuai takaran agar tidak ada efek samping yang merugikan di tubuh kita.

Beberapa Aktifitas Yang Bisa Dilakukan Agar haid Lancar

Selain bahan-bahan alami di atas ada beberapa aktifitas yang bisa kita lakukan agar haid bisa lancar dan tubuh menjadi bugar.

Olahraga yang terukur dan teratur

Olahraga untuk perempuan sebenarnya lebih memilih yang ringan saja. Olahraga yang ringan ini dapat membantu otot menjadi lebih rileks. Kondisi yang rileks mampu menstimulasi pikiran menjadi lebih tenang. Dan haid pun menjadi lebih lancar.

2.     Diet dan menjaga berat badan

Usahakan berat badan berada dalam posisi yang ideal. Terlalu kurus atau terlalu gemuk akan berpengaruh pada siklus haid. Berat badan yang terlalu rendah bisa memicu haid yang tidak lancar bahkan bisa berhenti sama sekali. Menurut penelitian, lemak tubuh dapat membantu memproduksi hormone yang melancarkan haid. Sementara jika tubuh kita memiliki terlalu banyak lemak bisa membuat haid datang tidak teratur.

3. Berhubungan seksual dan relaksasi

Tahu nggak, Bunda jika orgasme membuat leher rahim Anda melebar. Hal ini akan menarik darah haid untuk turun. Orgasme bisa membuat otak menjadi bahagia dan bebas dari stress. Kondisi rileks ini dapat mempercepat PMS.

4.    Terapi air hangat

Terapi air hangat juga bermanfaat untuk merilekskan tubuh dan meredakan pegal-pegal. Energi panas yang diterima tubuh dapat melancarkan aliran darah. Air hangat juga bisa dimasukkan ke dalam botol dan dibungkus menggunakan handuk lembut. Botol yang dibungkus handuk hangat ini ditempelkan ke area perut untuk meredakan nyeri haid.

Alat kontrasepsi juga bisa membuat haid menjadi tidak lancar. Karena itu disarankan sebelum menggunakan alat kontrasepsi lebih baik dikonsultasikan dengan dokter. Untuk lebih lengkapnya bisa cek cara agar cepat PMS ini ya biar haid Bunda lancar dan aman tanpa gangguan.

 

You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.