Tips Memilih Skincare untuk Pemula

September 06, 2020





Tips memilih skincare untuk pemula ini diberikan untuk para wanita yang belum pernah mencoba produk skincare, atau mereka yang berniat mencoba untuk pertama kalinya karena ingin wajahnya terlihat cantik dan berkilau. Wajah putih, bersih, dan bercahaya memang merupakan dambaan semua wanita. Itu sebabnya banyak wanita yang rela menyediakan dana khusus untuk membeli produk skincare setiap bulannya.

Tingginya angka kebutuhan produk skincare ini, membuat para produsen berlomba-lomba menciptakan produk untuk memuaskan para calon pengguna mereka. Hal ini tentu saja bagus karena dengan begitu customer memiliki peluang untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Hanya saja sisi negatifnya juga bisa merugikan customer, terutama bagi mereka yang tidak sabar dan ingin mendapatkan hasil instan.

Produsen yang 'nakal' akan menawarkan produk yang bisa memberikan hasil dalam waktu singkat. Tetapi, pengguna tidak mengetahui bahwa produk skincare yang ditawarkan justru mengandung bahan yang berbahaya bagi kulit dan kesehatan.

So, bagi kamu yang masih pemula, nih. Meripedia akan berikan tips memilih skincare yang aman agar kulit kamu tidak rusak, dan kesehatan tidak terganggu gara-gara salah memilih produk skincare.



Tips Memilih Skincare untuk Pemula


Sebelum lanjut ke tips memilih skincare untuk pemula, terlebih dahulu aku pengen kasih tahu apa itu produk 'skincare'. Mungkin masih ada sebagian dari kamu yang belum sepenuhnya paham apa itu 'skincare', dan berbentuk apa saja produk-produknya.



Apa itu Skincare?


Skincare adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan dalam rangka merawat kesehatan kulit, meningkatkan penampilan dan meringankan kondisi kulit.

Skincare mencakup pemberian nutrisi untuk kulit sehingga bisa terhindar dari dampak negatif paparan sinar matahari, debu, dan polusi.



Jenis-jenis Produk Skincare


- Facial wash
Facial wash berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

- Moisturizer
Moisturizer berfungsi melembabkan kulit, mencegah kulit agar tidak kering.

- Toner
Toner berfungsi untuk menyegarkan wajah, mencegah datangnya jerawat dan komedo.

- Sunscreen
Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar ultra violet.

Tips Memilih Skincare yang Aman untuk Pemula 

1. Kenali jenis kulit yang dimiliki.


Sebelum membeli produk skincare yang diinginkan, kita perlu tahu dulu jenis kulit yang dimiliki, karena produk skincare biasanya dibuat sesuai dengan jenis kulit. Jadi agar mendapatkan hasil yang maksimal, kita harus menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit yang kita miliki.

Jenis kulit ada 4 yaitu normal, kering, berminyak, dan kombinasi. 

Bagaimanakah cara mengetahui jenis kulit kita?


Cara mengetahui jenis kulit kita cukup mudah. Kita bisa lakukan sendiri di rumah tanpa harus ke dokter.

- Siapkan tissue wajah, dan handuk kering.
- Bersihkan wajah menggunakan air dengan suhu normal.
- Keringkan dengan handuk.
- Diamkan kurang lebih 30 menit.
- Setelah 30 menit, tekankan tissue wajah secara perlahan pada seluruh bagian wajah, mulai dari T-zone, pipi, dan area wajah lainnya.
- Lihatlah minyak yang menempel di tissue tersebut.
- Jika minyak terlihat di semua area wajah, maka jenis kulit kamu berminyak.
- Jika minyak terlihat hanya pada T-zone, itu berarti kamu memiliki jenis kulit kombinasi.
- Jika kulit terasa lembab, dan hanya sedikit minyak yang terserap pada tissue, itu tandanya jenis kulit kamu normal.
- Jika tidak ada minyak yang menempel pada tissue, dan kulit terasa tegang karena tidak diberi pelembab maka kamu memiliki jenis kulit kering. 

2. Jangan tergiur hasil instan.


Seperti yang aku singgung di awal artikel, tidak sedikit wanita yang terjebak dengan janji-janji produsen skincare sehingga salah memilih produk.

Hasil yang maksimal sebaiknya didapat secara perlahan, bukan secara instan. Kita harus waspada jika ada produk yang menjanjikan hasil dalam waktu singkat, karena bisa dipastikan produk tersebut memiliki kandungan bahan yang berbahaya. 

3. Pastikan bebas dari bahan-bahan berbahaya.


Sebelum membeli produk skincare, sebaiknya cari tahu dulu kandungan yang ada di dalamnya. Jika tidak paham dengan nama-nama bahan pembuatnya, kita bisa mencari informasinya di internet. 

4. Perhatikan legalitas produk.


Salah satu cara cepat untuk mengenali produk skincare yang aman adalah dengan memerhatikan legalitas produknya.

Pastikan produk skincare yang akan dibeli sudah memiliki label BPOM. Agar tidak terpedaya oleh label abal-abal, aku sarankan kamu lakukan cek dan ricek nomor register BPOM secara online di cekbpom.pom.go.id

5. Jangan mudah tergiur harga promosi.


Di tengah banyaknya merk produk skincare, tidak heran jika penjual melalukan berbagai macam promo untuk menarik minat pembeli. So, agar dapat produk skincare yang tepat jangan mudah tergiur dengan harga promo yang menggoda. Pastikan skincare yang akan dibeli cocok untuk jenis kulit, legalitasnya jelas, dan bebas dari bahan-bahan berbahaya.

Nah, itu dia beberapa tips memilih skincare untuk pemula ala Meripedia.

Semoga bermanfaat, ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.
Daaah.




You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.

Newsletter