Jangan Hanya Suka Ngopi, Simak Proses Pembuatan Kopinya!

August 31, 2023

Proses pembuatan kopi

Pecinta kopi tentu tidak akan melewatkan hari tanpa minum kopi. Sebagian orang memang menganggap keberadaan kopi sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Bahkan ada yang menganggap kopi sebagai kebutuhan dasar, seperti makanan. 

Orang yang suka minum kopi tentu akan merasakan dampaknya ketika sehari saja tidak meminumnya. Jika sudah menjadi rutinitas sebaiknya jangan hanya suka minum, kamu perlu mengetahui proses-proses pembuatan kopi yang dilakukan barista di kedai.

Jangan lupa, saat datang ke kedai kopi, gunakan QRIS Gopay untuk membayar kopi. Dijamin lebih praktis dan mudah. Kamu cukup scan qr code pembayaran saja, maka transaksi kamu sudah berhasil.

Simak Proses Pembuatan Kopi yang Menarik

Kini aktivitas minum kopi sudah tidak menjadi kebutuhan lagi, namun sudah menjadi sebuah tren yang dilakukan segala umur. Alasannya, kopi bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak, menambah energi ketika sedang merasa lesu serta dapat memperbaiki mood.

Apalagi cara pembayaran dengan QRIS Gopay yang semakin memudahkan para pecinta kopi dalam melakukan transaksi membuat kedai kopi semakin dipenuhi para penggemarnya. Nah, jika memang kamu seorang penikmat kopi, alangkah baiknya mengetahui juga teknik pembuatan kopi yang menarik yang dilakukan oleh Barista. Bagaimana caranya? simak di sini

  • Manual Brewing

Seperti namanya, proses manual brewing merupakan salah satu teknik penyeduhan kopi dengan cara manual. Pastinya teknik ini tanpa menggunakan mesin espresso. Kamu hanya membutuhkan kertas penyaring khusus untuk menonjolkan rasa kopi yang tajam dan organik.

Walaupun demikian, dalam teknik ini masih terdapat pula metode lain yang menghasilkan rasa berbeda, antara lain French Press, V60, Plunger, Dripper, Aeropress, Syphon dan Cafflano Kompact. Kamu bisa menikmati berbagai jenis kopi tersebut di kedai, kemudian menggunakan qr code pembayaran untuk menyelesaikan transaksi.

pembayaran menggunakan qr

  • Latte Art

Seperti kopi hitam, latte art juga memiliki banyak penggemar. Latte art merupakan seni melukis secangkir kopi yang menggunakan bahan dasar cappucino dan latte. Teknik tersebut juga terbagi menjadi dua, yaitu : free pour dan etching. Perbedaannya terdapat pada alat bantu yang digunakan untuk menggambar pada teknik etching. Ada beberapa variasi dalam menghias kopi, seperti bentuk hati, bunga tulip atau wajah seseorang jika sudah ahli.

Jika belum mahir dalam melakukannya, kamu dapat datang ke kedai kopi untuk belajar atau mengamati cara kerja barista dalam menyajikan kopi terbaik. Pastikan qr code pembayaran sudah terdapat di ponsel kamu sebelum melakukan transaksi pembelian kopi saat berkunjung ke kedai kopi, ya. 

  • Tubruk

Kopi tubruk merupakan jenis kopi yang terkenal di Indonesia. Proses pembuatannya yang mudah membuat kopi tubruk sangat populer sejak dulu hingga sekarang. Tidak perlu barista yang membuatnya, siapa pun bisa melakukannya. Kamu cukup menuang kopi ke dalam cangkir, sedu dengan air panas, kemudian aduk perlahan. Setelah itu, kamu perlu menunggu bubuk kopi mengendap sampai bawah atau bisa mengambil bubuk kopi yang mengambang dengan menggunakan sendok kecil.

Walaupun kopi tubruk lebih identik dengan warung kopi di pedesaan, namun kini kedai kopi sudah mengemasnya dengan lebih baik. Sehingga kamu tetap bisa menikmati kopi tubruk di kedai dengan melakukan pembayaran melalui QRIS Gopay.

  • Cold Brew

Seperti namanya, cold brew merupakan kopi hitam yang disimpan dalam lemari pendingin atau bisa juga dengan cara ditambahkan es. Namun sebenarnya kopi tersebut lebih dari ice black coffee. Pasalnya pembuatan cold brew sendiri membutuhkan waktu 12 jam. Teknik pembuatan cold brew sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan alat khusus. Kamu bisa menetesi bubuk kopi menggunakan air es. Sehingga kopi masuk ke dalam gelas penampung.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi tingkat keasaman dari kopi tersebut. Jenis biji kopi yang digunakan tentu akan sangat mempengaruhi rasa kopi, bisa terasa buah-buahan atau kacang-kacangan.

Cold brew memang memiliki penggemar sendiri. Terutama bagi mereka yang lebih suka menikmati kopi dalam keadaan dingin. Jika kamu juga tertarik untuk mencobanya, pastikan melakukan pembayaran dengan menggunakan qr code pembayaran.

  • Pour Over (Drip)

Teknik lain yang sering digunakan barista, yaitu pour over (drip). Metode pembuatan kopi dengan cara ini akan menghasilkan rasa kopi yang lebih lembut. Pour over juga dikenal dengan sebutan drip v60.

Ketika melakukan proses pembuatannya, barista akan meletakkan gelas atau keramik pour over yang dilapisi filter pada sebuah cangkir. Berikan kopi ke dalamnya, kemudian tuang air panas dari ketel dengan gerakan memutar dengan tujuan agar kopi bisa teraduk dengan sempurna.

Pour Over memang berbeda dengan jenis teknik pembuatan kopi sebelumnya. Tekstur yang lembut di lidah menjadi ciri khas tersendiri. Jika kamu ingin mencoba kopi jenis ini, bisa datang ke kedai, lalu jangan lupa untuk melakukan pembayaran menggunakan QRIS Gopay. 

Isi Saldo Gopay dengan Bank Digital, Mudah Transaksi Online

Setelah mengetahui teknik pembuatan kopi, tentu kamu sudah lebih paham tentang cara proses pembuatannya. Tak lengkap rasanya, jika kamu tidak mencobanya satu per satu. Tentu akan lebih nikmat jika kamu bisa meminumnya bersama teman atau keluarga. Pastikan kamu sudah memiliki qr code pembayaran agar lebih mudah dalam melakukan transaksi ketika minum kopi di kedai. 

Kabar baiknya Pembayaran menggunakan fitur QRIS dan pengisian saldo Gopay ini juga tersedia di Aplikasi digibank by DBS. Cara pemakaian pun terbilang mudah. Cukup scan QR code pembayaran jika ingin melakukan transaksi pembelian makanan maupun minuman di kedai maupun restoran. 

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan QRIS Gopay ini untuk keperluan lain, seperti membeli tiket bioskop, berburu promo di KFC, bahkan saat belanja di merchant manapun. Dari sini, kamu bisa melihat bahwa digibank by DBS memang menyediakan berbagai transaksi lengkap, mudah dan juga keamanannya terjamin. 

Jadi tunggu apalagi? Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan oleh digibank by DBS di atas, pastinya kamu akan tergiur untuk menjadi nasabahnya segera, bukan? Namun, alangkah baiknya kamu cari tahu informasi lengkap terkait produknya di sini. Tujuannya, agar kamu semakin yakin dan menyebarkan informasi bermanfaat ini ke banyak orang. 


You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.