Keuangan Lebih Stabil di 2024: Ini Langkah Tepat Biar Lebih Taat Menabung

February 17, 2024

 


Awal tahun seharusnya menjadi sebuah refleksi akan kegagalan di tahun sebelumnya. Jika kamu belum berhasil mencapai target tabungan, apakah saat ini sudah memikirkan gimana caranya agar lebih taat menabung di tahun 2024 demi tercapainya tujuan finansial yang stabil? Kamu perlu tahu jika masa depan itu perlu dipersiapkan dengan matang mulai dari sekarang. 

Jika kamu belum berhasil, tidak usah khawatir karena sekaranglah saatnya memperbaiki diri. Kamu harus mengetahui cara menabung yang benar agar keuangan 2024 lebih sehat dan tujuan finansial dapat tergapai. Apalagi di tahun 2024 proyeksi pertumbuhan ekonomi mencapai 5% yang artinya era bunga tinggi sudah berakhir dan sentimen positif terhadap pasar modal Indonesia. Hal ini akan semakin baik bagi dunia investasi.

Yuk pahami lebih dalam perihal kebiasan menabung dan investasi yang baik bagi masa depan. Namun sebelumnya perlu juga dipahami terkait apa penyebab boncos, karena seringkali menjadi penyebab kegagalan menabung pada mayoritas orang.

Mengenali Penyebab Boncos

Boncos adalah keadaan dimana pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pendapatan. Hal ini bisa terjadi karena pengeluaran yang tidak terkontrol dengan baik. Apa saja sebenarnya penyebab boncos? 

  1. Rekening Tabungan jadi Satu dengan Rekening Harian

Siapa yang disini hanya memiliki satu akun rekening bank? Jika tabunganmu masih satu dan itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian, maka bisa di bilang kamu belum menabung dengan benar. Menggabungkan uang tabungan dengan uang belanja bisa berakibat fatal, karena saldo rekening akan besar dan dapat mendorong keinginan belanja semakin besar. Jika memisahkan rekening akan menyelamatkan uang untuk dipakai dalam keadaan darurat di masa depan.

  1. Tidak Memiliki Target Menabung

Ketika kamu tidak memiliki tujuan yang jelas saat menabung, maka kamu tidak akan disiplin dalam menabung. Menggunakan uang yang ada pada rekening bank dengan sembrono tanpa kontrol yang ketat karena tidak memiliki tujuan dan target yang jelas. Maka dari itu sangat penting menentukan target dan tujuan sebelum mulai menabung.

  1. Mengutamakan Hobi dibanding Tabungan

Ada ungkapan jika hobi akan mengalahkan segalanya. Ungkapan tersebut tidak salah memang, karena saat seseorang melakukan hobi akan berpotensi mengurangi saldo simpanan uangmu di bank. Bagi kamu yang hobi olahraga, bisa jadi akan mengoleksi pakaian atau aksesoris olahraga. Hal seperti inilah yang bisa membuat simpanan menjadi boncos tak terkontrol.

Cara Mengatur Keuangan 2024

Pengaturan keuangan yang baik dapat membantumu lebih cepat mencapai tujuan finansial. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dengan disiplin tinggi agar keuanganmu semakin sehat di tahun 2024, misalnya seperti di bawah ini:

  1. Mencatat Pendapatan dan Pengeluaran

Melakukan pencatatan pendapatan adalah hal yangs angat penting dilakukan. Hal tersebut dapat berfungsi sebagai alat mengontrol sekaligus mengevaluasi pengeluaran yang terjadi selama satu bulan. Catat pendapatan yang masuk, kemudian buat pos-pos pengeluaran untuk satu bulan ke depan agar keuangan teratur. 

  1. Buat Prioritas Kebutuhan

Setiap orang pasti memiliki banyak kebutuhan, namun kamu harus pandai memilah-milah mana kebutuhan yang harus dipenuhi segera dan mana yang bisa ditunda. Untuk itu buatlah prioritas kebutuhan dengan benar dan buatlah pos pengeluaran untuk kebutuhan tersebut. Penuhi kebutuhan dari prioritas paling atas di dalam catatanmu.

  1. Disiplin dalam Menabung

Banyak yang menabung dengan metode menunggu sisa di akhir bulan, padahal hal tersebut adalah sebuah kesalahan. Jika memang memiliki keinginan menabung maka, sisihkan porsi menabung di awal bulan. Lakukan hal tersebut secara rutin dan disiplin dengan persentase yang udah ditentukan. Setidaknya 10% dari gaji ditabung dengan cara auto debet ke rekening lainnya sebagian. Dengan demikian tidak ada alasan untuk lupa menabung.

  1. Pasang Target Masa Depan

Menyisihkan uang tanpa tujuan adalah hal yang mudah dilakukan, namun tidak akan ada hasilnya. Jadi jangan hanya menyisihkan uang, namun tentukan juga tujuanmu dalam menabung. Fungsi tabungan adalah untuk memenuhi keinginan atau target di masa depan, mulailah menabung untuk hal-hal yang kamu sukai seperti traveling, shopping akhir tahun, umroh dan sebagainya untuk membentuk kebiasaan menabung.

  1. Melunasi Hutang

Saat ingin mengatur keuangan dan memiliki keuangan yang sehat maka sangat penting untuk meniadakan hutang. Melunasi hutang bisa menjadi salah satu langkah untuk membuat status keuangan menjadi lebih sehat, karena dengan melunasi hutang maka artinya meningkatkan credit scoring dan credit worthiness-mu di masa depan. 


Rekomendasi Aturan Menabung 2024, Dijamin Berhasil

Fungsi tabungan dalam pengelolaan keuangan memang sangat penting. Rekening bank berperan untuk menjamin keuangan akan tetap stabil jika terjadi hal-hal yang tak terduga. Lalu bagaimana aturan menabung yang benar? Ikuti saja beberapa aturan di bawah ini:1Menabung dan Investasi 20% dari Pendapatan

Alokasikan pendapatan untuk porsi tabungan sebesar 10% - 20%. Idealnya persentase pendapatan yang disisihkan untuk menabung tidak lebih kecil dari angka tersebut agar tujuan finansial masa depan bisa dicapai lebih cepat. Namun jika persentase 10% - 20% masih terasa berat, maka biasakan diri dengan menabung dari nilai terkecil. 

Jika menabung sebaiknya dimulai dari jumlah yang kecil lebih dulu namun disiplin dan rutin. Setelah terbiasa maka bisa meningkatkan nilainya secara bertahap.

  1. Memenuhi Kebutuhan Utama 50% dari Pendapatan

Setelah menghitung pendapatan bersih dan membayar pajak, maka ambil 50% dari jumlah tersebut untuk memenuhi kebutuhan dasar selama satu bulan. Beberapa kebutuhan mendasar yang harus terpenuhi seperti, makan, tempat tinggal, kesehatan, transportasi dan lainnya. 

  1. Alokasikan 30% Pendapatan untuk Kebutuhan Lainnya

Kemudian pisahkan 30% dari pendapatan untuk memenuhi kebutuhan opsional yang berbeda-beda untuk masing-masing orang. Misalnya saja, membeli paket internet, berlangganan TV kabel, shopping, modifikasi kendaraan, melakukan hobi dan lain sebagainya. 

Ingin mewujudkan keinginan merdeka secara finansial di masa pensiun? Maka rajin menabung bisa menjadi jawaban keinginanmu. Belajarlah untuk disiplin dan konsisten dalam menabung sehingga target jumlah saldo rekening yang ditentukan dapat segera tercapai.

Gunakan alat menabung yang tepat sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal, seperti tabungan digibank by DBS, yang mana menyediakan fitur 20 dompet maxi yang bisa kamu manfaatkan sebagai simpanan masa depan, kelola keuangan sekaligus menumbuhkan keuangan dengan cara berinvestasi. Dapatkan informasi lebih lengkapnya di sini


You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.