Strategi Dalam Business Analysis Yang Dapat Diterapkan

June 11, 2024

 


Setiap pelaku usaha pastinya menginginkan sebuah bisnis yang berkembang dan tumbuh dengan baik, namun untuk mencapainya tentu tidak semudah yang dibayangkan, apalagi dengan tingkat persaingan di dunia ini juga tinggi. Banyak cara atau strategi yang dapat dilakukan untuk membuat usaha Anda menjadi lebih maju, salah satu diantaranya adalah dengan penerapan business analysis.

 Manfaat Penting Analisis Bisnis

Pentingnya analisis sebuah usaha atau bisnis tentunya sudah tidak perlu ditanyakan lagi, karena punya begitu banyak peran, mulai dari digunakan untuk mengoptimalkan penjualan, efisiensi biaya operasional, sampai dengan berguna untuk meminimalisir resiko terjadinya kebangkrutan dalam usaha tersebut. Apalagi setiap orang punya tujuan bahwa bisnis paling tidak harus terus jalan, meskipun dari segi keuntungan yang didapatkan tidak besar.

Cara Melakukan Analisis Bisnis

 Pada dasarnya ada beberapa langkah yang dapat diterapkan ketika ingin melakukan analisis bisnis atau sebuah usaha, diantaranya adalah:

 1. Menentukan peluang usaha

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menentukan sebuah peluang usaha. Langkah yang satu ini dapat dikerjakan diantaranya adalah menggunakan teknik analisis dari SWOT. Dengan teknik analisis yang satu ini maka akan dengan mudah mengidentifikasi mulai dari apa yang menjadi kelemahan, kekuatan, peluang sampai dengan ancaman dari bisnis tersebut. Sehingga nantinya akan tahu peluang apa yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis tersebut, sekaligus juga upaya yang dapat digunakan untuk mengantisipasi adanya ancaman.

 2. Mengantisipasi setiap ancaman bisnis 

Masih sama yaitu lewat analisis SWOT yang sudah dilakukan sebelumnya, maka Anda juga akan tahu yang menjadi ancaman dalam bisnis tersebut sehingga nantinya dapat dilakukan antisipasi yang tepat. Karena dengan adanya antisipasi ini memungkinkan nantinya bisnis yang Anda jalankan tersebut akan tetap berjalan, sekuat apapun ancaman yang terjadi. Apalagi dengan persaingan di dunia bisnis yang semakin ketat.

 3. Penentuan target pasar

Jangan lupa juga untuk menentukan siapa yang akan menjadi target pasar Anda, ketika sudah berhasil membuat antisipasi dalam sebuah bisnis, maka harus tahu sasaran yang pas untuk dituju, sesuai dengan apa yang ditawarkan. Penentuan target market atau pasar ini merupakan hal yang sangat krusial karena berhubungan dengan banyak hal atau komponen kedepannya, termasuk diantaranya adalah teknik marketing atau pemasaran apa yang akan digunakan, karena harus disesuaikan dengan siapa yang menjadi targetnya. Hal ini juga termasuk bagian penting business analysis.

 4. Menghitung kebutuhan anggaran

Menghitung kebutuhan anggaran atau dana ini pada dasarnya sangatlah penting, karena cukup kompleks dan mempengaruhi kebutuhan modal juga. Diantaranya adalah dimulai dari modal untuk kegiatan produksi, promosi sampai dengan distribusinya. Jangan lupa juga untuk menghitung besar kecilnya laba yang ingin didapatkan dari produk atau jasa yang ditawarkan tersebut. Hal ini nyatanya sangat membantu dalam pekerjaan tersebut.


 5. Merencanakan dan memulai promosi

Setelah menghitung kebutuhan anggaran, maka selanjutnya Anda dapat beralih menuju bagian promosi. Yaitu dengan cara memilih teknik promosi atau pemasaran apa yang sekiranya ideal untuk digunakan, setelah itu Anda juga harus memastikan untuk mempersiapkan dana yang akan digunakan untuk promosi. Bagaimanapun juga marketing ini termasuk kedalam komponen yang memakan cukup banyak anggaran atau biaya.

 6. Mintalah kritik serta saran

Jangan mudah puas dengan apa yang sudah dilakukan, guna mengetahui kelemahan dan juga bisa dilakukan perbaikan, maka harus mendapatkan masukan terlebih dahulu. Sehingga hal yang patut untuk Anda lakukan disini adalah dengan meminta kritik serta saran yang membangun.

 7. Melakukan evaluasi

Setelah mendapatkan kritik serta saran dari kegiatan tersebut, maka tahapan selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengevaluasinya. Evaluasi dilakukan dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang sudah ada sebelumnya, sehingga akan memberikan hasil yang lebih baik.

 Keahlian dalam business analysis ini pada dasarnya dapat terus Anda kembangkan atau tingkatkan, salah satu caranya adalah dengan mengikuti program pelatihan yang ada. Di Indonesia sendiri ada banyak lembaga pelatihan yang mengajarkan kemampuan tersebut, salah satunya adalah dari Prasmul-ELI. Banyak program pelatihan yang ditujukan untuk membantu pengembangan sumber daya manusia, baik itu langsung maupun pelatihan online.

You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.