7 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi yang Kekinian dan Estetik

June 02, 2024

 

keramik dinding


Dinding kamar mandi perlu diberi keramik untuk mencegah kebocoran air dan tumbuhnya lumut. Selain itu, keramik dinding juga bisa digunakan untuk menambah estetika kamar mandi agar tidak membosankan dan terlihat kekinian.

Oleh sebab itu, Anda bisa mempertimbangkan pemilihan keramik yang sesuai dengan desain kamar mandi dan rumah. Sebagai referensi saat ingin memilih keramik, simak artikel di bawah ini.

7 Inspirasi Keramik Dinding untuk Kamar Mandi

Ada berbagai jenis keramik yang bisa digunakan untuk dinding kamar mandi, berikut beberapa di antaranya.

       Keramik Sisik Ikan

Sesuai namanya, keramik ini berbentuk separuh lingkaran yang tersusun seperti sisik ikan. Dalam bahasa Inggris, keramik ini sering disebut sebagai fish scales atau mermaid scales.

Ada berbagai warna yang dimiliki jenis keramik ini. Salah satunya adalah perpaduan biru gelap dan terang. Perpaduan dua warna ini bisa membuat kamar mandi serasa di perairan. Tak hanya itu, perpaduan tersebut juga cocok dengan elemen alam utama pada kamar mandi, yaitu air.

Selain itu, tentu Anda bisa memilih warna lain untuk menghias kamar mandi Anda. Warna tersebut bisa disesuaikan dengan konsep kamar mandi dan rumah Anda agar terlihat semakin estetik.

       Keramik Putih

Salah satu jenis keramik yang paling sering digunakan untuk kamar mandi adalah keramik putih. Hal ini disebabkan keramik tersebut mempunyai warna yang netral sehingga bisa dipadukan dengan konsep apa saja.

Namun jika tak ingin polos, Anda bisa memilih keramik dinding bermotif. Motif tersebut dapat disesuaikan dengan konsep rumah Anda maupun barang-barang lain yang akan digunakan dalam kamar mandi.

Selain sebagai dinding, keramik tersebut juga dapat digunakan untuk permukaan bathtub bagian pinggir. Jika Anda menggunakan bak mandi, keramik tersebut juga bisa direkatkan sebagai dindingnya.

       Keramik Kayu

Bila Anda ingin menghadirkan rasa hangat di rumah dan kamar mandi, maka keramik bermotif kayu bisa dipertimbangkan. Menariknya, keramik jenis ini bisa ditemukan dengan mudah di pasaran.

Tekstur yang dimiliki oleh keramik ini umumnya sedikit kasar. Meskipun demikian, keramik jenis ini dapat memberi kesan netral sekaligus mewah pada kamar mandi Anda.

Penggunaan keramik ini akan semakin cocok jika rumah Anda berkonsep kayu atau khas Jepang. Dalam pengaplikasiannya, Anda bisa menambah nuansa lain agar tidak membosankan. Misalnya, ada bagian dinding yang diberi keramik abu-abu polos.


perekat keramik


       Keramik Herringbone

Pernahkah Anda melihat motif keramik herringbone? Ya, motif keramik ini berbentuk persegi panjang dan tersusun seperti anyaman. Meskipun terlihat sederhana, keramik ini dapat menambah estetika kamar mandi sehingga tak terlihat membosankan.

Ada dua jenis keramik herringbone yang bisa Anda pilih. Jenis pertama adalah herringbone kecil yang cocok bagi Anda penyuka hal-hal detail. Namun, perlu dipahami bahwa pemasangannya akan membutuhkan ketelitian tinggi.

Bila ingin lebih mudah dalam memasang keramik herringbone, maka jenis yang berukuran besar dapat digunakan. Tak hanya lebih mudah, pemasangan keramik ini juga membutuhkan waktu lebih singkat.

       Keramik Teraso

Teraso merupakan salah satu jenis keramik yang sering digunakan akhir-akhir ini untuk menghias berbagai ruangan, termasuk kamar mandi. Hal ini disebabkan keramik dinding ini mempunyai tampilan yang unik dan terlihat abstrak.

Keabstrakan pada keramik ini bisa membuat kamar mandi terlihat lebih menarik dan ceria, sehingga dapat meningkatkan suasana hati. Selain itu, keramik ini juga cocok bagi pasangan muda yang mempunyai rumah ala milenial.

Menariknya, keramik ini bisa dipasang agar kamar mandi tak mudah tampak kotor. Jadi, kamar mandi pun dapat terlihat tetap estetik.

       Keramik Marmer

Jika Anda ingin membuat rumah terlihat mewah, maka keramik marmer bisa digunakan. Keramik marmer ini bisa meningkatkan estetika kamar mandi Anda meskipun ukurannya tak terlalu besar.

Bila ingin mengaplikasikannya dengan perekat keramik, Anda bisa menggunakan dua hingga tiga motif keramik marmer yang berbeda. Hal ini akan menambah kemewahan kamar mandi itu sendiri. Namun, perlu diperhatikan bahwa setidaknya ada satu keramik yang bermotif polos agar kamar mandi tak terlihat terlalu ramai.

Jika keramik marmer digunakan pada kamar mandi, Anda perlu merawat dan membersihkannya secara ekstra. Hal ini dilakukan untuk mencegah keramik tersebut menjadi berubah warna dan berkerak.

       Keramik Kotak Mini

Jika Anda ingin kamar mandi yang unik, maka keramik kotak mini bisa dipertimbangkan.  Memang, jenis keramik ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian tingkat tinggi dalam pemasangannya. Namun, keramik tersebut bisa menambah estetika, apalagi jika dipadukan dengan warna pastel.

Tak hanya itu, keramik kotak mini juga cocok bagi Anda yang menyukai suasana tenang. Jadi, aktivitas di kamar mandi bisa membuat pikiran lebih damai.

Kesimpulan

Berbagai jenis keramik di atas bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk menghias dinding kamar mandi. Selain itu, tak hanya pemilihan keramik yang perlu diperhatikan, namun juga perekat keramik dinding.

Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan SikaCeram®-180 GA TileFix. Perekat ini cocok untuk marmer, granit, mosaik, keramik, dan batu alam, pada aplikasi dinding dan lantai, baik interior dan eksterior. Lebih tepatnya di area kering dan basah (tidak terendam) pada permukaan screed, plaster, dan beton.

Tentang kualitas, perekat ini memiliki daya lekat yang sangat baik, cocok untuk granit. Tidak hanya itu, produk ini juga mudah digunakan dan diaplikasikan. Cukup dengan air.

Tidak perlu ragu untuk menggunakan produk ini, karena Sika merupakan pencetus waterproofing semen pertama di Indonesia dan telah berdiri selama 113 tahun. Tidak hanya itu, Sika telah menangani banyak project global. Salah satunya yaitu Jalur Metro Dudullu-Bostanci di Turki.

Tertarik dengan perekat khusus keramik dinding untuk menghias kamar mandi Anda ini? Dapatkan informasi lengkapnya di sini!



You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.