5 Cara Mencegah Penyakit Secara Alami



Penyakit bisa menyerang siapa saja, baik itu penyakit yang ringan atau pun penyakit yang berat. Apa pun kondisinya, satu yang pasti, tidak ada satu pun orang yang ingin diserang oleh penyakit.

Hidup di zaman modern saat ini, ketika tingkat polusi begitu tinggi memang sangat sulit untuk menjaga tubuh selalu fit. Namun, meskipun sulit bukan berarti tidak mungkin, kan?

Orang-orang zaman dahulu boleh dikatakan sangat jarang sakit karena memang mereka masih bisa menghirup udara yang bersih, tidak mengenal makanan dan minuman instan, makanya tidak heran hingga usia lanjut pun tubuh mereka tetap bugar dan sehat.

Coba bandingkan dengan orang-orang yang hidup di masa sekarang. Masih usia belia pun sudah banyak yang mengidap penyakit. Pola hidup tidak sehat memang adalah salah satu penyebab tingginya angka pengidap penyakit saat ini.

Adakah cara untuk mencegah penyakit secara alami?

Jika ditanya ada atau tidak, tentu saja jawabannya ada. Tapi dibutuhkan konsistensi dan komitmen yang kuat untuk menjalankannya, karena pastinya akan selalu ada godaan besar untuk melepaskan diri dari pola hidup sehat, salah satunya adalah bosan.


5 Cara Mencegah Penyakit Secara Alami



  • Konsumsi sayur dan buah-buahan.
Buah-buahan dan sayuran hijau adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh metabolisme tubuh. Hanya saja belakangan ini jumlah orang yang mengonsumsi buah dan sayur semakin berkurang. Tidak jarang buah dan sayur hanya dijadikan sebagai topping penghias sajian semata. Padahal boleh dikatakan semua buah-buahan dan sayur mengandung anti radikal bebas yang mampu melawan sel kanker. Maka dari itu, jika ingin terhindar dari berbagai macam penyakit, konsumsilah buah sebanyak 2-3 porsi sehari, dan sayur sebanyak 3-4 porsi sehari.

  • Olahraga teratur.
Salah satu penyebab penyakit mudah datang adalah karena tubuh kurang gerak. Maka dari itu olahraga adalah salah satu cara alami mencegah penyakit. Berolahragalah dengan teratur setiap hari. Pagi hari adalah waktu paling ideal untuk berolahraga karena udara masih bersih dari polusi. Lakukan olahraga ringan mulai dari pukul 5-7 pagi untuk menjaga kebugara tubuh. Pada siang hari berolahragalah 1 jam setelah makan siang selama tidak lebih dari 30 menit, ini bertujuan agar metabolisme tubuh berjalan lancar. Malam hari adalah waktunya untuk beristirahat, maka jika ingin berolahraga lakukanlah antara pukul 5 sore hingga pukul 7 malam. Khusus untuk malam ini Anda boleh menambahkan sedikit beban pada olahraga Anda agar otot-otot Anda lebih terbentuk. Lakukan olahraga setiap harinya sesuai porsi di atas, maka tubuh Anda akan selalu fit sepanjang hari.

  • Minum air putih minimal 2 liter perhari.
Banyaknya jenis minuman ringan yang muncul belakangan ini membuat orang-orang jadi kurang mengonsumsi air putih. Padahal air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengonsumsi soft drink disaat haus hanya akan melepaskan dahaga untuk sesaat, tidak lama kemudian Anda akan merasa haus kembali. Sementara itu pada soft drink ini terkandung kadar gula yang tidak sedikit, dan hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan. Jadi, jika Anda merasa haus minumlah air putih. Dahaga Anda  hilang, kesehatan tubuh tetap terjaga. Idealnya Anda harus meminum air putih sebanyak 2 liter perhari. Agar tidak membebani tubuh, minumlah air putih secara teratur 30 menit sekali.

  • Tidur yang cukup.
Tidur adalah waktunya tubuh untuk melakukan recovery atas padatnya aktifitas sehari-hari. Waktu tidur yang ideal adalah 7 jam sehari. Tetapi tidur yang berkualitas itu adalah di malam hari, bukan siang hari. Agar tidur Anda nyenyak, lakukanlah aktifitas fisik seperti olahraga ringan. Hindari menonton tivi atau gadget sebelum tidur. Redupkan cahaya lampu, kemudian berbaringlah pada posisi yang nyaman.

  • Jauhi rokok.
Bukan hal yang baru lagi, rokok mengandung banyak zat-zat berbahaya. Oleh karena itulah pemerintah memberikan warning yang keras pada bungkusnya. Tapi, meskipun sudah diberi peringatan yang keras, tetap saja orang-orang tidak mau menjauhi rokok. Rokok itu berbahaya bagi menghisapnya, dan lebih berbahaya lagi bagi orang-orang di sekitarnya karena bisa menghirup asap rokok secara langsung. Jika lingkungan tempat Anda berada dipenuhi oleh orang-orang yang merokok, dan Anda tidak memiliki kemampuan untuk melarang mereka, maka proteksilah diri sendiri dengan menggunakan masker. Awalnya memang risih, tapi pikirkanlah kesehatan Anda. Lebih baik risih bermasker daripada Anda harus bolak-balik rumah sakit untuk perawatan.

Nah, itu dia 5 cara alami mencegah penyakit Alamei. Tidak sulit untuk dijalankan, kan? Asal ada kemauan pasti ada jalan. Ayo, jaga diri kita dan orang-orang yang kita sayangi. Karena mencegah itu pasti jauh lebih baik dari pada mengobati. Jadi, jika penyakit itu bisa dicegah, mengapa harus menunggu sakit dulu baru sadar bahwa sehat itu berharga.

Salam sehat selalu, ya.


With love,
Mei

*mmmmmuuuaacch*

12 comments:

  1. Setuju sekali Mbak

    Mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati. Lebih baik jika penyakit itu dicegah, tidak perlu menunggu sakit dulu baru sadar bahwa sehat itu berharga.

    Tips yang bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. Pola hidup sehat itu is a must ya! Termasuk menjaga hati dan fikiran agar tetap berpikir positif dan senantiasa bahagia tanpa syarat.

    ReplyDelete
  3. Wah tipsnya oke banget Mbak, emang sayur dan buah itu ampuh banget buat kesehatan. Saya juga lagi menggiatkan diri makan sayur buah lebih banyak lagi nih. 😊

    ReplyDelete
  4. Ini aku ya bun sejak jadi blogger jadi suka begadang hiks. Jadi waktu tidurnya berkurang. Maklum aku punya anak kecil jadi bisa nuli dan mengerjakan pekerjaan blogger itu malam hari. Harus dibnerin lagi nih pola aku. Khawatir berdampak di kemudian hari

    ReplyDelete
  5. Saya pun ingin selalu sehat. Semua sudah saya lakukan, seperti makan sayur dan buah, banyak mengonsumsi air putih, tidur cukup dan tidak merokok.
    Hanya satu yang belum saya lakukan, olah raga hihihi..deuh, kok ya masih mager nih ^~^

    ReplyDelete
  6. Setuju dengan kiat-kiatnya. Apalagi yang ke 5, big NO NO. Tapi masih banyak orang-orang yang engga tahu diri merokok di tempat umum, apalagi angkot. Huhu...

    ReplyDelete
  7. orang zaman dahulu terihat awet muda dan sehat dibandingkan dengan anak zaman now. Penyebabnya polusi sedangkan dulu bisa menghirup udara yang bersih. Banyak makanan dengan pengawet dan tersaji secara instan pada saat ini.

    ReplyDelete
  8. Mulai 40 ke atas kita perempuan mulai menyadari benar adanya sayur-sayuran dan buah-buahan harus jadi konsumsi yang menawan buat kita

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah saya sudah menjalankan semua kecuali tidur cukup ini kadang kurang karena harus begadang mengejar dateline

    ReplyDelete
  10. Belakangan ini saya mulai mengurangi begadang. Alhamdulillah,dampaknya mulai terasa. Semoga ke depan dengan menerapkan pola hidup sehat, kesehatan semakin terjaga.

    ReplyDelete
  11. Saya msh suka melek mlm mb...tdk merokok, minum air pth oke, mknan insha allah oke, olah raga klu lgi rajin. Wahhh kurang menperhatikn kesehatan berrati aq ya mb ...siap deh next kudu dikurangielek. Thx ya tips nya.

    ReplyDelete
  12. Terima kasih untuk informasinya. Aku juga sedang menjalani olahraga dan mengganti pola makan. Baru beberapa hari badan sudah terasa enak :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.

Cara Alami Mengatasi Sembelit pada Bayi

Cara alami mengatasi sembelit pada bayi memang susah-susah gampang. Dikatakan susah, karena tidak bisa diterapkan pada bayi yang belum ...