Ella Skin Care Solusi Untuk Flek Membandel

September 17, 2021

Flek di wajah emang sih tidak berbahaya tapi cukup bikin bunda jadi ngerasa insekyur nih. Apalagi sekarang umur menuju kepala 4 rasanya nano-nano waktu melihat wajah di cermin trus menghadapi kenyataan flek semakin lama semakin keliatan. Huhu.. jadi sedih kan. Jadi inget pengalaman waktu dulu males banget ngerawat muka. Pakai sunscreen aja jarang-jarang eh, begitu udah seumur ini baru deh ngeh dan nyesel. Kenapa gak dulu-dulu nih nyadarnya. Tapi gak papa lah. Lebih baik terlambat daripada nggak nyadar sama sekali kan. Hehe..

    cara menghilangkan flek

Flek sendiri adalah bercak-bercak coklat atau kehitaman pada kulit wajah atau daerah lain karena meningkatnya produksi melanin. Melanin merupakan pigmen yang mempengaruhi warna kulit, mata dan rambut . Bagian tubuh yang memiliki melanin berlebih akan berwarna lebih gelap dibanding area kulit yang lain.

Penyebab Flek Pada Wajah

Banyak hal yang bisa menyebabkan flek di wajah, antara lain seperti di bawah ini:

  1. Sinar matahari

Sinar matahari seringkali menjadi kambing hitam munculnya flek. Tidak salah sih karena sinar ultravioletnya ini memang mampu memicu produksi melanin. Sinar UV ini paling berbahaya sekitar pukul 09.00 – 16.00 WIB. Oleh karena itu kita wajib memakai tabir surya SPF minimal 30 sampai 50 untuk menghindari terpapar langsung dengan sinar matahari.

Bahkan meski kita jarang keluar rumah tetap bisa terpapar sinar UV karena sinarnya mampu memantul melalui jendela kaca. Selain itu sinar radiasi HP, laptop, bahkan saat kita memasak pun suhu panasnya mampu menyebabkan flek. Makanya meski di dalam rumah disarankan kita tetap memakai sunscreen.

 2. Faktor usia

Nah, dulu sih saat masih muda aku nggak begitu peduli dengan kondisi kulit dan sepertinya wajahku baik-baik saja. Namun semakin bertambah usia rasanya flek semakin mudah muncul. Di usia menuju kepala 4 rasanya masalah kulit mulai bermunculan. Untuk mengatasinya aku memakai memakai cream anti aging. Namun sayangnya aku kurang konsisten sehingga hasilnya pun kurang optimal.

  1.  Ketidakseimbangan Hormon

Banyak nih temanku yang memakai alat KB dan tiba-tiba wajahnya muncul flek. Beberapa alat KB yang mengandung hormon estrogen, progesteron, dan melanin stimulating hormone memang bisa memicu flek. Selain itu kehamilan juga bisa menyebabkan flek. Untuk mengatasinya kita bisa menggunakan cream siang dan malam. Namun untuk kasus-kasus tertentu flek pada kondisi ini sulit hilang kecuali berganti alat KB yang tidak mengandung hormon pemicu flek.

  1. Peradangan dan bekas luka

Jerawat, eksim, reaksi alergi yang dialami seseorang juga mampu menyebabkan flek. Tingkat keparahannya tergantung  jenis kondisi kulit. Ada yang cepat hilang namun ada juga yang membandel. Jerawat, eksim atau reaksi alergi bisa menyebabkan peradangan dan saat telah sembuh seringkali bekasnya sulit hilang dan menjadi flek.

                                    menghilangkan melasma di wajah

  1. Kurang Asupan Vitamin

Vitamin B12, K, dan vitamin E sangat penting menjaga kulit kita agar tetap sehat dan terawat. Makan buah dan sayur yang tepat juga mampu menjadikan kulit kita menjadi lebih cerah dan bercahaya. Di samping itu beberapa makanan tertentu diyakini mampu mencegah flek dan menyamarkannya. Beberapa orang bahkan meminum suplemen untuk memenuhi vitamin dalam tubuhnya.

  1. Faktor Keturunan

Flek atau pigmentasi ini juga bisa disebabkan keturuan lho. Bahkan presentasenya lumayan tinggi, antara 20 -70 persen. Faktor genetik ini biasanya dialami oleh ras dan golongan kulit tertentu. Untuk faktor keturunan terkadang sulit diatasi namun bisa ditutupi dengan kosmetik. Eh, bahkan sekelas artis Luna Maya aja punya flek lho di wajahnya. Flek ini merupakan factor keturunan dari keluarganya. Dan taraaa..  dengan make up sempurna flek di wajah Luna Maya bisa tersamarkan dengan sempurna.

  1. Penggunaan Kosmetik

Tidak semua kosmetik aman untuk kulit. Ditambah lagi jenis dan kondisi kulit yang berbeda tentunya juga memicu reaksi yang berbeda. Ada jenis kulit yang cocok dengan kosmetik tertentu namun di sisi lain ada yang malah tidak cocok. Salah satu efek tidak cocok pada kosmetik ini bisa menyebabkan kulit kemerahan atau bahkan flek. Beberapa zat kimia dalam kosmetik bisa memicu flek. Berhati-hatiah. Gunakan kosmetik yang aman, halal dan pastinya sudah terdaftar di BPOM.

                                            ella skincare

Bagaimana mengatasi Flek Membandel?

Meski kita telah melakukan banyak hal, flek tidak begitu saja hilang. Kita sudah memakai cream ini itu, meminum vitamin dan suplemen ini itu tetap saja flek membandel. Untuk kasus seperti ini memang mau tidak mau kita harus melakukan perawatan secara khusus. Nah, sekarang sudah hadir salah satu klinik kecantikan terpercaya yang mampu mengatasi keluhan flek hitam di wajah kita, Ella Skin Care.

Ella Skin Care yang aku kunjungi kemarin merupakan salah satu cabang yang berada di kota Malang. Tempatnya nyaman dan orang-orangnya ramah banget. Di sini juga tersedia berbagai produk kecantikan yang aman, halal dan pastinya udah berizin BPOM. Jadi gak was-was lagi kan?

Awalnya sebelum melakukan perawatan aku harus berkonsultasi dulu dengan dokter Alfia. Saat berkonsultasi ini kita bisa curhat apapun masalah kulit. Dengan sabar Dr. Alfia akan memberikan saran-saran perawatan apa saja yang kita butuhkan.

Nah, dari hasil konsultasi ini ternyata aku harus melakukan beberapa treatment, yaitu peeling flek wajah, translucent white wajah, fibroblast stimulator, detoks dan anti plasmin injeksi melalui treatment meso therapy.

Yuk Ikutin rangkaian perawatanku

Setelah menunggu beberapa menit di lobby, aku diantar menuju ruang treatment. Aku disuruh berbaring di ruangan yang nyaman dengan alunan music lembut. Mbak Vilda, terapis yang membantu perawatanku hari itu memberikan cap penutup kepala agar rambut tidak kemana-mana dan mengganggu saat perawatan nanti.

                                     klinik kecantikan terbaik di malang

Ohya, semua proses dilakukan dengan menjalankan protocol kesehatan ya. Semua yang akan saya pakai, mulai dari cap penutup kepala, kain, dan cream detoks semuanya masih dalam kondisi baru saat ditunjukkan ke aku.

Awalnya Mbak Vilda membersihkan wajahku dari kotoran make up, minyak dan debu-debu. Emang ya sebelum perawatan wajah kudu bersih dulu dari semua kotoran agar cream atau serum yang akan diaplikasikan ke wajah kita dapat meresap optimal.

Setelah pembersihan, aku mulai mendapatkan peeling. Peeling ini berguna untuk menghilangkan lapisan kulit atas atau kulit mati  sehingga bisa merangsang pertumbuhan kulit baru dan menggantikan tekstur kulit yang rusak. Peeling ini juga bisa memperbaiki warna kulit yang tidak merata.

Aku juga melakukan detoks wajah. Detoks wajah ini berguna untuk membersihkan polutan yang menempel di kulit. Polusi udara beresiko menyumbat pori-pori dan mempercepat penuaan dini. Saat proses detoks, Mbak Vilda mengoleskan cream ke seluruh permukaan wajahku. Semakin kotor wajah kita, cream detoks warnanya semakin keruh.

Sambil Mbak Vilda melakukan treatment aku suka tanya-tanya apa saja seputar perawatan kulit. Ia mengoleskan cream anestesi  selama sekitar 10 menit sebelum melakukan treatment Meso Theraphy

Meso terapi adalah tindakan menggunakan jarum suntik berisi serum yang digores-gores ke seluruh wajah. Menggores-gores wajah ini tidak boleh sembarangan dilakukan kecuali oleh ahlinya ya. Nah, menurut Dokter Alfia, tindakan ini mampu menutrisi dan mencerahkan kulit wajah dengan lebih efektif karena jarum langsung menuju ke titik kulit dalam.

Sebenarnya jarum suntik ini tidak sakit sih, hanya clekit-clekit kayak digigit semua. At least rasanya masih kalah menyakitkan daripada facial. Aku tuh kalo facial udah langsung nangis-nangis karena gak tahan sakitnya. Kalo meso terapi sakitnya masih bisa nahan kok.

Serum yang digunakan untuk treatment meso terapi ini menggunakan serum translucent white yang berfungsi agar kulit wajah menjadi lembab dan memudarkan noda hitam. Serum ini disesuaikan dengan kulitku yang normal cenderung kering.

Dan akhirnya seluruh rangkaian perawatan diakhiri dengan masker. Gak cuma wajah, leherku juga perlu dimasker. Maskernya rasanya dingin dan segar di kulit.

ella skincare malang

Alunan musik yang lembut di ruangan membuatku sedikit mengantuk dan rasanya rileks banget. Aku bertanya pada mbak Vilda apakah ada pelanggan yang tertidur selama perawatan? Jawabannya sering ternyata. Haha..

Ohya, menghilangkan flek membandel ini hasilnya tergantung kedalaman flek ya. Semakin dalam flek harus semakin sering perawatan agar hasilnya lebih optimal. Langkah terakhir jika flek sudah terlalu dalam dan tak mempan dengan treatment yang ringan maka akan dilakukan laser.

Setelah melakukan perawatan, kita tidak boleh memakai skincare terlebih dahulu. Biarkan kulit polosan dulu nih. Setelah 1 atau 2 hari baru boleh memakai skin care secara rutin. Jangan lupa untuk tetap memakai day cream dan night cream agar hasilnya benar-benar terlihat. Karena menurut Dr Alfia , meski telah melakukan perawatan jika kita abai dengan skincare hasilnya juga percuma. Nanti fleknya bisa balik lagi lho.

                                    ella skincare malang

Nah, itu dia pengalamanku melakukan perawatan untuk menghilangkan flek membandel di klinik kecantikan Ella Skin Care cabang kota Malang. Jika Bunda mengalami masalah yang sama jangan ragu-ragu untuk langsung reservasi di nomor 0812-3688-1385 ya. Lokasinya juga gampang dicari. Catat ya alamat Ella Skin Care di Malang: Jalan Merbabu no 33, Oro Oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang 65119, Jawa Timur. Dengan jam operasional 9.00 – 18.00 para dokter dan terapisnya yang ramah siap membantu memberi solusi bagi permasalahan kulit wajah kita.

 

 

 

 

You Might Also Like

62 komentar

  1. Aah,aku jadi pengen ke spa dekat rumah, jadinya. Abis naik gunung, butuh ngerawat wajah ini.

    ReplyDelete
  2. Flek hitam memang kerap jadi masalah untuk wanita memasuki usia matang. Saya pun mulai ada terlihat flek hitam nih. Dengan melakukan perawatan di Ella Skin Care insyaallah flek hitam kita bakal menghilang ya....

    ReplyDelete
  3. Aihhh ini aku juga udah kepala 3 dan baru muncul flek-flek membandel. Gemusssh deh. Eh ada Ella Skin Care yah di Malang, cusss ah cobain biar glowy kek perawan wkwkwk.

    ReplyDelete
  4. facial emang bikin sakit bangett. Penasaran sama meso terapi yang digaris-garis kulitnya. duh..kebayang gimana rasanya..

    ReplyDelete
  5. Memang facial bisa sesakit itukah Mba? Sampe nangis-nangis, hehehe...

    Flek di wajah saya kayaknya disebabkan banyak faktor nih, terutama faktor usia. Boleh juga nih ngerawat flek di wajah, biar sedikit berkurang.

    ReplyDelete
  6. Dapat terapi meso ya kak, baru dengar daku.
    Berarti merawat kulit wajah memang kudu imbang ya antara asupan bernutrisi dan treatment luarnya

    ReplyDelete
  7. Facial sampai nangis? Aduh, beauty is pain banget ya :) Flek hitam ini memang menguji kesabaran buat menghilangkannya. Apalagi kalau karena faktor U, lama-lama aku milih berdamai aja. Toh Luna Maya juga di mukanya ada flek, kan? :D

    ReplyDelete
  8. Nah, kalau sudah ada flek emang tak cukup dengan skincare. Mesti ada tindakan dokter juga. Semakin glowing nih yaaa

    ReplyDelete
  9. Sama nih kalo lagi perawatan suka ding ngorbol sama petugasnya, apalagi nanya2 soal tips2. Soalnya kan ga setiap hari treatment di salon.

    ReplyDelete
  10. pengen banget muka mulusss tanpa flek meski masih dikit-dikit katanya bisa makin banyak kalau usia makin nambah bener ngga ya mb, jd penasaran pengen cobain perawatan di Ella Skin Care

    ReplyDelete
  11. Aku banget ini lagi cari cara mengatasi flek membandel. Coba cari ella skin care, deh

    ReplyDelete
  12. Pantesan waktu lihat di IG Bunda kok wajahnya glowing. Ternyata habis perawatan di Ella Skin Care toh. Selain flek hitam, kira-kira mereka ada treatment untuk menghilankan tahi lalat dengan laser tidak ya? Mukaku gak ada flek sih, cuma tahi lalatnya banyak, hehe.. pakai krim dan chemical peeling biasa nggak mempan. Capek kalau harus nutup pakai concealer terus.

    ReplyDelete
  13. Satu faktor di atas saja sudah bikin flek ya .. apalagi kalau berpadu 2, 3, 4, bahkan 7 faktor ... hiiiy. Kudu segera ke Ella Skin Care nih.

    ReplyDelete
  14. Seru banget ya bisa perawatan di Ella Skin Care, aku juga ada masalah dengan kulit flek karena faktor keturunan bisa nih pas mudik ke malang mampir ke Ella Skin Care

    ReplyDelete
  15. Aku banget nih.. banyak flek hitam bekas jerawat.. Ella klinik ini baru ada di malang aja ya mba?

    ReplyDelete
  16. Asupan vitamin pentingnya sangat besar buat tubuh, termasuk kulit wajah. Alhamdulillah juga bisa diimbangi dengan treatment ya kak, biar bebas flek hitam

    ReplyDelete
  17. Flek membandel memang bisa jadi masalah besar wanita ya, Mbak. Bahkan bisa mengurangi rasa percaya diri. Dan syukurla sudah banyak produk yang bisa menghilangkan flek membandel.Disesuaian dengan jenis kulit juga.

    ReplyDelete
  18. Pasti senang ya memiliki kulit bersih tanpa flek karena kulitku juga ada flek karena faktor keturunan kulit bule jadi ya minimal mencegah agar tidak meluas

    ReplyDelete
  19. Rupanya flek di wajah juga bisa muncul karena faktor keturunan ya. Jadi perlu waspada juga dong kalau anggota keluarga ada yang di usia matang mengalami masalah flek hitam.

    ReplyDelete
  20. Hwaaa sampai sekarang belum kesampaian kesana mbaa. pengen ilangin komedoo ini lohh ga ilang2 hikss/
    bisa juga kan ya di ella?

    ReplyDelete
  21. aku dong baca si review ini langsung booking untuk hari kamis untuk perawatan juga, karena dekat rumahku ada si Ella Skincare juga dan sebelumnya pernah perwaatan juga di Ella.

    ReplyDelete
  22. Ella Skin Care salah satu yang aku rekomendasiin juga sebagai klinik kecantikan di Malang terbaik. Udah beberapa kali coba treatment di sana dan hasilnya Ok lho. Hmm... next mau coba lagi ah kesana hehe.

    ReplyDelete
  23. Asik banget ini sih tempatnya cozy ya. Apalagi ada alunan musik gitu. Wajar kalau banyak yg pernah tertidur. Hahaha

    ReplyDelete
  24. Ella skin care memang bagus ya, kalau saya coba yang di Sidoarjo, nyaman banget, dokternya ramah, terapisnya juga.
    Tempatnya juga nyaman dan patuh protokol kesehatan banget.

    Btw emang ya, menjelang 40 tahun tuh banyak banget masalah kulit, kalau saya Alhamdulillah ga ada flek, tapi pori-porinya uwow hehehehe.

    ReplyDelete
  25. Kalau untuk mencegah terjadinya flek hitam bisa nggak mbak ke Ella?

    ReplyDelete
  26. Samaaa Mbak, aku pun klo facial suka gak nyaman dan merasa paling menderita sedunia pas sesi ambil komedo heheeee.
    Memasuki usia 40 plus bagi wanita memang banyak yg berubah. *pengalaman pribadi 🤭 Selain kondisi fisik dan kulit wajah, hormonal juga berpengaruh. Yang penting tetap sehat ya, Mbak.

    ReplyDelete
  27. Flek hitam emang momok banget ya, saking khawatirnya aku sampai nggak ikut program KB demi menghindari efek samping flek hitam. Btw makasih atas informasinya, semoga next bisa merasakan treatment juga ..

    ReplyDelete
  28. Nah iya, aku juga dulu gitu kak paling males melakukan perawatankulit wajah. Eh sekarang baru terasa.

    ReplyDelete
  29. Wahh udah ada kliniknya yah ternyata, aku uda coba produknya ella ka n bagus nih performanya, baru tau ada kliniknya juga jd pngen treatment di kliniknya

    ReplyDelete
  30. Senangnya bisa ngobrol dengan ahlinya apalagi sebagai perempuan kecantikan menjadi kunci untuk percaya diri

    ReplyDelete
  31. Hwaah.. treatment-nya bikin mupeng ❤️ aku juga ada masalah pada flek, gara-gara dulu waktu zaman kuliah masih ga kenal skincare dan sunscreen, alhasil panas-panasan tiap hari selama bertahun-tahun tanpa pelindung wajah dan sampai sekarang fleknya masih ada. Huhu nyesel banget.

    ReplyDelete
  32. wah flek ini nyaris akan dihadapi oleh mereka yang mulaiberumur ya, huhu akupun mulai khawatir nih. pmeksi di rumah saja tapi cahaya matahri kan juga masuk celah2 jendela ternyata bisa kan menginpeksi wajah kita

    ReplyDelete
  33. aku ada flek mba, dulu ibuk katanya minum apa gitu jadi pengaruh ke aku
    jadi pengen perawatan ke ella skin care juga nih. Meski belum pernah ke klinknya, aku udah pernah make produk ella dua kali

    ReplyDelete
  34. Di usia saya yang kini 43 flek terjadi karena beberapa faktor. Kalau dulu mungkin matahari saja, kalau sekarang karena usia, dan lainnya. Paling sering terjadi kalau kena jerawat, bekasnya lama baru hilang :D
    Jadi memang perlu perawatan khusus ya, kayak perawatan di klinik kecantikan seperti Ella Skin Care ini.
    Kalau nggak salah di BSD tempat tinggalku juga ada Ella Skin Care. Tapi lupa di mananya.

    ReplyDelete
  35. Wah baru ngeh' kalo kosmetik juga bisa menjadi penyebab flek di kulit wajah ya. Memang bener sih kadang kulit orag kan beda2 ya, ada yang cocok/sensitif dengan produk2 kosmetik.

    Merawat kulit penting ya, untuk menjaga penampilan agar tetap cantik di depan orang banyak, salah satunya bisa dengan melakukan treatment di ella skin care. Mantap lihat foto2 treatment penulis di atas.

    ReplyDelete
  36. Nah betul banget nih, Kak. Mamaku juga punya pengalaman yang sama. Katanya dulu, beliau itu nggak aware sama perawatan kulit. Mana kerjanya mengharuskan beliau berjemur di bawah sinar matahari. Hasilnya ketika masa tua, banyak banget flek hitamnya.

    Kayaknya kalau aku rekomendasikan ella skin care ke beliau bisa banget nih.

    ReplyDelete
  37. Urusan flek ini gak boleh dianggap enteng loh. Saya merasakan timbulnya flek sejak kehamilan anak ke-1. Memudar saat anak ke-1 berusia 3 tahun. Hamil anak ke-2, eeehh muncul lagi hahaha. Jadilah sempat berhenti treatment. Sampai terakhir dilaser dan sekarang lumayan berkurang.

    ReplyDelete
  38. Lokasi yang gampang dicari, apalagi mudah dihubungi, jadinya kalau membutuhkan atau mau tanya² lebih lanjut soal treatment bisa lekas ditangani ya

    ReplyDelete
  39. perawatan wajah dengan diiringi alunan musik lembut itu memang berpotensi mengundang kantuk ya mbak.
    Eh biayanya berapa ya mbak untuk perawatan menghilangkan flek di wajah ini?

    ReplyDelete
  40. Aku kalo ngaca nih abis mandi, kayaknya udah malas ngitung jumlah flek hitam di wajah. Hahaha. Udah sebellll. Kayak tai lalat, tapi kok banyak banget?

    Senang banget baca ulasan ada rangkaian perawatan kulit untuk mengatasi flek hitam. Selain jaga asupan makanan, penting juga ditopang skin care yang cocok, sebaiknya ya datang langsung aja ke klinik kecantikan, seperti Ella Skin Care ini ya mba.

    ReplyDelete
  41. Perawatan wajah memang membutuhkan kontinuitas agar hasil maksimal, referensi seperti ini bisa bermanfaat bagi pembaca

    ReplyDelete
  42. Kebetulan aku juga punya masalah flek. Entah, sepertinya ada faktor gen juga soalnya saudara dan mamaku mudah banget mukanya ditumbuhin flek gitu. Malah ada yang nonjol. Pengen eh perawatan ke sana juga. Tapi ada treatment pake jarum kah mbak? Huaa aku takut jarum

    ReplyDelete
  43. Flek di wajah saya sudah mulai bermunculan nih kayaknya emang faktor usia deh. Mau juga donk lakukan perawatan Ella Skin Care ini biar makin bersih wajahnya.

    ReplyDelete
  44. auto cari cabang Ella Skin Care Bandung di webnya, sayang belum ada, hiks

    webnya keren ya?

    saya sedang butuh banget perawatan wajah karena salah perawatan kulit wajah malah banyak fleknya

    ReplyDelete
  45. Flek membandel emang bikin sebel sih ya, kadang gak sadar tapi pas ngaca lho ada noda apa ini? Boleh nih dicoba tipsnya, makasih banyak yah!

    ReplyDelete
  46. Aku juga ada bercak kehitaman di pipi,meski sangat tipis tapi cukup menganggu juga. Pernah ke klinik kecantikan kata dokternya itu bukan flek tapi freckless.

    ReplyDelete
  47. Ella skincare ada cabang Surabaya nya juga kak? Meskipun belum ada flek yang kentara, tapi penasaran juga bagaimana treatment yang ada di kliniknya.

    ReplyDelete
  48. Duh sy pengen nih perawatan ke salon sejak pandemi belum pernah, belum berani dan ga dpt ijin pak suami heuheu padahal udah divaksin nih

    ReplyDelete
  49. Memang masalah kulit tuh ada aja, sesuai dengan bertambahnya umur maka masalah flek pun menghampiri. Selain skincare perlu juga ke klinik kecantikan agar perawatan wajah jadi lebih maksimal.

    ReplyDelete
  50. 1-5 nih asal muasal semua flek di wajah saya. Untungnya masih tipis sehingga bisa ditutupi bedak. Tapi pengen hilang selamanya juga sih. Elle Skin solusinya ya

    ReplyDelete
  51. Pengen deh ke Ella ini.. di bekasi ada ga ya bun? Kebetulan merasa banyak flek huhu

    ReplyDelete
  52. Dari ketujuh poin diat4as, ketidak seimbangan hormon salah satunya karena kb adalah yg paling buat bete wkwkwk... *pendapat pribadi

    ReplyDelete
  53. Jadi pengin perawatan wajah ke salon kecantikan. Hehee... Munculnya flek itu memang paling utama karena sinar UV ya, Mba. Sehingga yang sering aktivitas di luar harus bener2 memerhatikan kondisi wajah. Agar kalau ada flek bisa langsung di atasi.

    ReplyDelete
  54. Bener banget nih..kak.
    Flek itu ternyata gak efektif kalau hanya menggunakan skincare meskipun rutin. Karena efeknya hanya memudarkan.
    Kalau bener-bener perawatan di Ella Skin Care, yakin flek bisa byebye.

    ReplyDelete
  55. Bener nih Mba, bahwa selain sinar UV, yg menyebabkan munculnya flek hitam pada wajah juga blug light yahh, trus ngaruh juga gak ya cahaya lampu, pas kita lg live atau zoom kan ring light mengarah ke wajah terus menerus...

    ReplyDelete
  56. Flek emang masalah kulit diusia 40 an ya mba akupun skrang merasakan sudah mulai tmbul flex2 bkin worried bngt harus nih pakai perawatan yang tepat agar kulit bsa cerah bebas flex

    ReplyDelete
  57. Mertuaku punya masalah kulit langganan flek juga katanya sih gegara pemakaian produk merkuri dulunya karena ngga tau. kayaknya harus cobain treatment kayak gini juga ya

    ReplyDelete
  58. sepertinya ella skin di jakarta ada ya mbak? pengen sekali coba treatment buat menghalau flek2 hitam deh.

    ReplyDelete
  59. Flex pada wajah mengganggu banget ya kak. Bikin wajah jadi kucel.. Perawatan wajah jadi urusan yg sangatburgent deh kl ada flex di wajah

    ReplyDelete
  60. Waa...baru tau ya kalau flek itu ada faktor keturunan..
    Ini Alamat nya jauh juga ya di malang..

    ReplyDelete
  61. Tetangga dulu juga sempat ada keluhan flek hitam ketika KB. Bagi masing-masing orang, penyebab flek hitam ini ternyata bisa berbeda ya mba..Di Ella ini apakah juga menyediakan produk perawatan kulit yang bisa dipakai di rumah mba?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.